Pengembangan video pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi cahaya (sifat-sifat dan pemanfaatannya) kelas V SDN Kedung Banteng 02 Kabupaten Blitar / Kintala Dewi Rossiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan video pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi cahaya (sifat-sifat dan pemanfaatannya) kelas V SDN Kedung Banteng 02 Kabupaten Blitar / Kintala Dewi Rossiana

Rossiana, Kintala Dewi (2014) Pengembangan video pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi cahaya (sifat-sifat dan pemanfaatannya) kelas V SDN Kedung Banteng 02 Kabupaten Blitar / Kintala Dewi Rossiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rossiana Kintala Dewi. 2014. Pengembangan Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Cahaya (Sifat-Sifat dan Pemanfaatannya) Kelas V SDN Kedung Banteng 02 Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I. Nyoman Sudana Degeng M.Pd (II) Henry Praherdhiono S.Si. M.Pd. Kata Kunci Media Video Pembelajaran Cahaya (Sifat-sifat dan Pemanfaatannya). 12288 12288 12288 12288 Penggunaan media pembelajaran yang kreatif sesuai dengan tujuan pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan siswa. Produk Pengembangan media video pembelajaran ini bertujuan untuk menghasilkan produk media video pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang layak. Isi dalam pengembangan video pembelajaran ini adalah mengenai Cahaya (Sifat-sifat dan Pemanfaatannya). 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan dengan model Arief S. Sadiman (2010 101). Kegiatan pengembangan produk ini divalidasi oleh ahli media materi dan audiens/ siswa secara perorangan kelompok kecil dan uji lapangan. Sedangkan efektifitas media video ini dilakukan malalui test uji hasil belajar. Berdasarkan perhitungan yang diperoleh dari ahli media menunjukkan presentase sebanyak 87 5% yang berarti media video valid dan layak digunakan untuk pembelajaran dari ahli materi 93 3% yang berarti media video valid dan layak digunakan dari audiens/ siswa perorangan sebanyak 3 siswa 86 7% yang berarti media video valid da layak digunakan dari audiens/ siswa kelompok kecil sebanyak 10 siswa 63 2% yang berarti media video cukup valid/ layak digunakan dan dari data uji lapangan diperoleh hasil sebesar 91 3% yang berarti media video valid dan layak digunakan. 12288 12288 12288 12288 Implementasi media video pada siswa mengalami peningkatan yang signifikan hal ini dapat terlihat dari tes hasil belajar dari audiens/ siswa perorangan sebanyak 3 siswa jumlah skor pada pre-test adalah 170 sedangkan jumlah skor pada post-test adalah 250 sehingga terjadi peningkatan skor sebesar 80 dengan presentase 26 6% dari audiens/ siswa kelompok kecil sebanyak 10 siswa jumlah skor pada pre-test 530 sedangkan jumlah skor pada post-test adalah 790 sehingga terjadi peningkatan skor sebesar 260 dengan presentase 26% dan dari data uji lapanan sebanyak 25 siswa jumlah skor pada pre-tes adalah 1260 sedangkan jumlah skor pada post-test adalah 2040 sehingga terjadi peningkatan skor sebesar 800 dengan presentase 32%. Sehingga dari data tersebut menunjukkan bahwa media video pembelajaran ini efektif digunakan dalam proses belajar mengajar. 12288 12288 12288 12288 Saran yang diajukan malalui kebijakan kepala sekolah produk media video pembelajaran yang telah dikembangkan ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran bagi guru maupun siswa dalam proses belajar mengajar. Untuk saran pemanfaatan media video ini sebaiknya digunakan guru dalam menyampaikan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Cahaya (Sifat-sifat dan Pemanfaatannya) sehingga dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Sedangkan saran bagi pengembang berikutnya agar mengembangkan video pembelajaran untuk mata pelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/485

Actions (login required)

View Item View Item