Peningkatan Hasil Belajar Keamanan Pangan Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Make a Match dan Jigsaw / Elisa Praharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan Hasil Belajar Keamanan Pangan Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Make a Match dan Jigsaw / Elisa Praharani

Praharani, Elisa (2018) Peningkatan Hasil Belajar Keamanan Pangan Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Make a Match dan Jigsaw / Elisa Praharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Praharani Elisa. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Keamanan Pangan Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Make a Match dan Jigsaw. Skripsi Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nunung Nurjanah M.Kes (II) Dr. Teti Setiawati M.Pd. Kata Kunci Make a match jigsaw hasil belajar Ketuntasan hasil belajar pada mata pelajaran Keamanan Pangan masih di bawah nilai rata-rata KKM. Salah satu metode pembelajaran yang sesuai dengan teori konstruksivisme adalah pembelajaran kooperatif di antaranya model Make a match dan Jigsaw. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif kelas eksperimen dengan model belajar make a match dan jigsaw perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif antara kelas eksperimen dengan model belajar make a match dan jigsaw hasil belajar psikomotor pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran make a match dan jigsaw perbedaan hasil belajar psikomotor antara kelas eksperimen dengan model belajar make a match dan jigsaw pada mata pelajaran Keamanan Pangan di SMKN 3 Malang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah pre experimental design dengan model one group pretest-posttest design. Penelitian ini melibatkan dua kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran yang berbeda. Jumlah populasi sebanyak 72 siswa terdiri 36 siswa kelas eksperimen make a match dan 36 siswa kelas eksperimen jigsaw. Pengumpulan data berupa tes formatif pilihan ganda yang dianalisis peningkatannya dan diuji beda dengan t test. Rata-rata peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran make a match sebesar 75 30 dan pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran jigsaw sebesar 85 25. Hasil belajar psikomotor pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran make a match pada pertemuan pertama menunjukkan 33 95% siswa tidak terampil dan pada pertemuan kedua sebanyak 49% siswa sangat terampil sedangkan hasil belajar kelas eksperimen dengan model pembelajaran jigsaw menunjukkan bahwa pada pertemuan pertama 49% siswa sangat terampil dan pada pertemuan kedua 47 % siswa sangat terampil. Perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif antara kelas eksperimen dengan model pembelajaran jigsaw dan make a match menunjukkan perbedaan yang signifikan di mana t hitung 4 974 t tabel 1 994. Hasil uji beda terhadap hasil belajar psikomotor pada dua kelas eksperimen dengan model belajar make a match dan jigsaw menunjukkan perbedaan yang signifikan yaitu pada pertemuan pertama t hitung 6 392

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48489

Actions (login required)

View Item View Item