Pengaruh lama perebusan terhadap sifat organoleptik tempe lamtoro gung (Leucaena leucocephala) / Anesya Estri Pristika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lama perebusan terhadap sifat organoleptik tempe lamtoro gung (Leucaena leucocephala) / Anesya Estri Pristika

Pristika, Anesya Estri (2018) Pengaruh lama perebusan terhadap sifat organoleptik tempe lamtoro gung (Leucaena leucocephala) / Anesya Estri Pristika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Pristika A.E. 2018. Pengaruh Lama Perebusan terhadap Sifat Organoleptik Tempe Lamtoro Gung (Leucaena leucocephala). Skripsi. Jurusan Teknologi Industri. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Aisyah Larasati S.T. M.T. M.I.M. Ph.D. (II) Ir. Issutarti M.P. Kata Kunci Lamtoro Gung Tempe Sifat Organoleptik Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang populer dan disukai masyarakat. Tempe umumnya terbuat dari kedelai. Lamtoro gung merupakan tumbuhan kacang-kacangan yang mudah didapat di Indonesia dan memiliki kandungan protein tinggi setara dengan kedelai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat organoleptik tempe lamtoro gung dengan lama waktu perebusan biji lamtoro yang berbeda. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan satu faktor perlakuan yaitu lama perebusan (20 menit 30 menit 40 menit) dengan dua kali pengulangan. Data dianalisis menggunakan ANOVA (Analysis of Variance). Jika terdapat perbedaan antar perlakuan maka dilanjutkan dengan Duncan s Multiple Range Test (DMRT). Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada mutu hedonik tekstur aroma rasa dan pertumbuhan miselium dan tingkat kesukaan tekstur aroma dan rasa. Skor tertinggi mutu hedonik tingkat kesukaan tekstur dan aroma terdapat pada perlakuan lama perebusan 30 menit. Skor tertinggi mutu hedonik dan tingkat kesukaan rasa terdapat pada perlakuan perebusan 30 menit. Skor tertinggi pertumbuhan miselium terdapat pada perlakuan lama perebusan 30 menit. Lama waktu perebusan optimal terdapat pada perlakuan lama perebusan 30 menit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48486

Actions (login required)

View Item View Item