Analisis higiene dan sanitasi unit pasteurisasi susu pada wisata edukasi Kampung Susu Dinasty Sidem Gondang Tulungagung / Nana Lusiana

Lusiana, Nana (2018) Analisis higiene dan sanitasi unit pasteurisasi susu pada wisata edukasi Kampung Susu Dinasty Sidem Gondang Tulungagung / Nana Lusiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Lusiana Nana. 2018. Analisis Higiene dan Sanitasi Unit Pasteurisasi Susu pada Wisata Edukasi Kampung Susu Dinasty Sidem Gondang Tulungagung. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Teti Setiawati M.Pd. (2) Dra. Wiwik Wahyuni M.Pd. Kata Kunci Susu pasteurisasi higiene sanitasi Susu merupakan bahan alami yang memiliki kandungan gizi yang cukup tinngi namun mudah rusak terkontaminasi oleh mikroba. Salah satu cara pengawetan susu yang sudah cukup dikenal dikalangan masyarakat adalah pengawetan susu dengan menggunakan teknik pasteurisasi. Susu yang dipasteurisasi menggunakan metode HTST maupun LTLT masih baik dikonsumsi sampai umur penyimpanan 12-15 jam pada suhu penyimpanan 27 5 61616 C (suhu kamar). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) lokasi dan kondisi bangunan unit pasteurisasi susu sapi (2) pengadaan bahan dan alat unit pasteurisasi susu sapi (3) tempat atau bangunan unit pasteurisasi susu sapi (4) proses produksi unit pasteurisasi susu sapi (5) higiene personal tenaga pengolahan unit pasteurisasi susu sapi pada wisata edukasi kampung susu Dinasty. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data deskriptif kualitatif dalam penelitian ini menggunakan metode survei eksploratif berupa observasi terus terang wawancara tidak terstruktur (unstructured interview) dengan pertanyaan terbuka dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan metode triangulasi informan dan triangulasi sumber. Triangulasi informan dilakukan dalam Forum FGD (Fokus Group Discussion) yang dihadiri oleh pemilik wisata karyawan pasteurisasi perwakilan guru Tata Boga perwakilan guru peternakan dan perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung. Hasil analisis higiene dan sanitasi unit pasteurisasi susu pada wisata edukasi kampung susu Dinasty sebagai berikut lokasi kondisi bangunan proses pasteurisasi susu secara keseluruhan sesuai standar pengadaan bahan dan alat proses sterilisasi kemasan kurang standar higiene personal tidak standar. Terkait unit pasteurisasi susu yang kurang standar dan tidak standar anggota FGD (Fokus Group Discussion) memberikan saran dan masukan kepada pemilik wisata edukasi kampung susu Dinasty untuk dapat mengembangkan peralatan yang digunakan untuk memproduksi susu pasteurisasi memberikan pemahaman kepada para karyawan unit pasteurisasi agar para karyawan lebih memahami tentang pentingnya higiene personal saat bekerja misalnya dengan cara mengadakan semacam sosialisasi atau pelatihan untuk karyawan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48485

Actions (login required)

View Item View Item