Metode pembelajaran sentra dan lingkaran (seling) dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak kelompok bermain Restu 2 Malang / Rifa'atul Machmudah - Repositori Universitas Negeri Malang

Metode pembelajaran sentra dan lingkaran (seling) dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak kelompok bermain Restu 2 Malang / Rifa'atul Machmudah

Machmudah, Rifa'atul (2011) Metode pembelajaran sentra dan lingkaran (seling) dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak kelompok bermain Restu 2 Malang / Rifa'atul Machmudah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pendidikan anak usia dini (PAUD) metode sentra dan lingkaran (Seling) kecerdasan interpersonal Kegiatan pembelajaran pada anak dini harus senantiasa berorientasi kepada kebutuhan anak dan tahap perkembangannya. Sentra dan Lingkaran (Seling) adalah salah satu metode pembelajaran anak yang berorientasi pada anak. Proses layanan pembelajaran didasarkan pada tahapan perkembangan masingmasing anak dan mengembangkan kreativitas anak. Pelaksanaan metode pembelajaran yang baik dan sesuai akan mampu merealisasikan tujuan tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk menjelasakan pelaksanaan metode Sentra dan Lingkaran (Seling) dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak di Kelompok Bermain Restu 2 Malang. Metode Sentra dan Lingkaran (Seling) merupakan metode pembelajaran yang terfokus pada kebutuhan dan tahap-tahap perkembangan anak. Penelitian ini juga akan menjelaskan segala sesuatu yang menjadi faktor tercapainya kecerdasan interpersonal anak dengna mengguanakan metode Sentra dan Lingkaran (Seling). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif deskriptif. Responden penelitian ini adalah kepala sekolah guru dan orang tua murid Kelompok Bermain Restu 2 Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data diantaranya reduksi data display data serta pengambilan keputusan dan verifikasi. Dalam metodologi penelitian juga dilakukan pengecekan keabsahan data diantaranya perpanjangan kehadiran peneliti ketekunan pengamatan serta triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan metode Sentra dan Lingkaran terhadap kecerdasan interpersonal anak yang ada di Kelompok Bermain Restu 2 sangat baik. Hal ini dikarenakan komponen-komponen belajar dapat berfungsi baik. Faktor penghambat hanya dirasa ketika ada murid baru karena harus ada adaptasi dari mereka dengan lingkungan sekolah. Faktor pendukung diantaranya guru sangat memfasilitasi dan tepat menggunakan metode Sentra dan Lingkaran (Seling) fasilitas sarana dan prasarana sangat mendukung serta orang tua yang selalu mendukung dan aktif dalam kegiatan sekolah. Penelitian ini diharapkan bisa menjadi referensi kepustakaan bagi praktisi akademik dalam upaya pengembangan metode pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) serta bagi jurusan dapat memantapkan dan menambah referensi kepustakaan tentang metode pembelajaran di Kelompok Bermain tertentu. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi evaluator bagi Kelompok Bermain Restu 2 sehingga kedepan bisa lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4848

Actions (login required)

View Item View Item