Profil pedagang makanan kaki lima Kota Malang untuk mendukung pengembangan pariwisata Kota malang / Nur Aini Fitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil pedagang makanan kaki lima Kota Malang untuk mendukung pengembangan pariwisata Kota malang / Nur Aini Fitri

Fitri, Nur Aini (2018) Profil pedagang makanan kaki lima Kota Malang untuk mendukung pengembangan pariwisata Kota malang / Nur Aini Fitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Fitri N. A. 2017. Profil Pedagang Makanan Kaki Lima Kota Malang Untuk Mendukung Pengembangan Pariwisata Kota Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Rina Rifqie Mariana M.P. (II) Laili Hidayati S.Pd. M.Si. Kata Kunci Pedagang Makanan Kaki Lima Pengembangan Pariwisata Makanan. Kota Malang merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Timur yang memiliki banyak potensi untuk dijadikan sebagai destinasi wisata yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan nusantara maupun mancanegara. Kota Malang pernah menjadi nominasi kota kreatif dalam bidang gastronomi (tata boga) dunia. Berdasarkan analisa Pajak Daerah dari Dinas Pendapatan Kota Malang pada tahun 2014 pendapatan asli daerah Kota Malang berasal dari restoran usaha jasa boga dan usaha sejenis lainnya menempati posisi yang tertinggi diikuti oleh usaha bidang perhotelan. Banyaknya pedagang makanan kaki lima yang ada di Kota Malang menjadi salah satu potensi pengembangan pariwisata kuliner di Kota Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil pedagang makanan kaki lima di Kota Malang meliputi identitas pedagang makanan kaki lima keanekaragaman jenis makanan dan sarana berdagang yang digunakan oleh pedagang makanan kaki lima di Kota Malang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei. Lokasi dari penelitian ini adalah pedagang makanan kaki lima di Kecamatan Lowokwaru dan Kecamatan Sukun. Teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tabulasi tunggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pedagang makanan kaki lima didominasi oleh laki-laki dengan umur 30-39 tahun menikah rata-rata berpendidikan SD lama bekerja 17-14 jam/hari dengan masa kerja 1-4 tahun. Keanekaragaman makanan yang dijual oleh pedagang makanan kaki lima terbanyak adalah kue/ jajanan terdiri atas 50 macam. Jenis makanan yang dijual pedagang makanan kaki lima adalah makanan pokok dengan tiga frekuensi terbanyak adalah lalapan nasi pecel nasi campur. Makanan sepinggan dengan tiga frekuensi terbanyak yaitu nasi goreng bakso sate. Kue/ jajanan dengan tiga frekuensi terbanyak adalah terang bulan sempol martabak. Minuman dengan tiga frekuensi terbanyak yaitu es degan es dawet dan STMJ. Sarana berdagang yang paling banyak adalah gerobak/ kereta dorong sebesar 68 1%. Sebagian besar pedagang makanan kaki lima merupakan kepala keluarga yang bertanggung jawab memenuhi kebutuhan keluarga. Jumlah makanan yang dijual dari segi kuantitas banyak namun kurang menunjang pariwisata Kota malang sehingga perlu adanya modifikasi dan inovasi terhadap makanan yang dijual oleh pedagang makanan kaki lima Kota Malang. Sarana berdagang pedagang makanan kaki lima tersebut cukup baik namun untuk menarik wisatawan perlu adanya modifikasi terhadap sarana berdagang yang digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48463

Actions (login required)

View Item View Item