Penerapan metode dan teknik pembelajaran (studi kasus di UPT Rehabilitasi Sosial Bina Cacat Netra Malang) / Ida Kurnia Yuliati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode dan teknik pembelajaran (studi kasus di UPT Rehabilitasi Sosial Bina Cacat Netra Malang) / Ida Kurnia Yuliati

Yuliati, Ida Kurnia (2011) Penerapan metode dan teknik pembelajaran (studi kasus di UPT Rehabilitasi Sosial Bina Cacat Netra Malang) / Ida Kurnia Yuliati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci metode teknik pembelajaran UPT Rehabilitasi Sosial Cacat Netra Malang Pada perencanaan suatu materi yang akan disajikan oleh instruktur instruktur di UPT Rehabilitasi Sosial Cacat Netra Malang tidak melibatkan peserta didik mengingat bahwa peserta didik terkena dampak langsung atas kegiatan pembelajaran tersebut. Tampaknya ada suatu kecenderungan apabila terlibat dan berperan serta dalam pengambilan keputusan. Proses identifikasi kebutuhan belajar tidak ada keterlibatan peserta didik padahal seharusnya proses untuk mengetahui kebutuhan belajar penekanannya lebih banyak pada sejauh mana keterlibatan seluruh peserta didik di dalam proses pembelajaran karena untuk mengetahui kebutuhan belajar yang dibutuhkan. Mengingat bahwa peserta didik adalah orang dewasa yang kaya akan pengalaman-pengalaman dalam menetapkan metode hendaknya memperhatikan pengalaman-pengalaman nyata dari peserta didik. Pemberian suatu materi pembelajaran hendaknya sesuai dengan kebutuhan metode yang dipilih hendaknya menghindari teknik yang bersifat pemindahan pengetahuan dari intruktur pada peserta didik metode yang dipilih hendaknya tidak bersifat satu arah namun lebih bersifat partisipatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode dan teknik yang digunakan mendeskripsikan metode dan teknik yang digunakan instruktur dalam pembelajaran dan mendeskripsikan metode dan teknik pembelajaran yang paling disenangi dan sering digunakan oleh instruktur kepada warga belajar dan warga belajar juga menyenangi metode dan teknik pembelajaran yang digunakan di UPT Rehabilitasi Sosial Cacat Netra Malang. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian adalah menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara pengamatan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data display data dan verifikasi data. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah penerapan metode dan teknik pembelajaran yang digunakan di UPT Rehabilitasi Sosial Cacat Netra Malang adalah metode dan teknik pembelajaran orang dewasa metode dan teknik yang digunakan instruktur dalam pembelajaran di UPT RSCN Malang secara keseluruhan memahami dan dapat menerapkan metode dan teknik pendidikan orang dewasa dalam proses pembelajarannya selanjutnya metode dan teknik pembelajaran yang disenangi oleh instruktur kepada warga belajar antara lain metode dan teknik pembelajaran yang digunakan di UPT RSCN Malang yaitu menggunakan dikte bahwa teknik ini lebih kearah pembelajaran partisipatif selain itu metode dan teknik pembelajaran yang digunakan di UPT RSCN Malang berdasarkan dalam pembelajaran orang dewasa yaitu ceramah praktek permaianan dan keterampilan. Metode dan teknik pembelajaran yang digunakan instruktur dan disenangi warga belajar adalah pendekatan kekeluargaan dengan menggunakan teknik keterampilan yang menyatakan bahwa perkembangannya pendidikan orang dewasa saat ini lebih banyak menggunakan metode partisipatif dengan pendekatan kekeluargaan ceramah perabaan permainan praktek magang dan demonstrasi. Berdasarkan hasil penelitan ini dapat disarankan bagi peneliti dengan mengetahui tingkat penerapan metode dan teknik yang digunakan instruktur dalam pembelajaran di UPT RSCN Malang maka peneliti dapat membantu dalam penggunaan metode strategi dan teknik untuk mewujudkan terlaksananya proses pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi instruktur di UPT RSCN Malang dalam pembelajaran. Bagi instruktur hendaknya terus mengembangkan metode dan teknik pembelajaran dan keterampilan memfasilitasi sehingga dapat memaksimalkan kualitas penyampaian materi dan dapat meminimalisir kebosanan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Bagi UPT Rehabilitasi Sosial Cacat Netra Malang Pelaksanaan proses pembelajaran di UPT RSCN Malang hendaknya lebih melibatkan peserta didik dalam diagnosis kebutuhan belajar pemformulasikan tujuan perencanaan dan pengembangannya penetapan materi strategi dan teknik pembelajaran. Bagi Jurusan PLS FIP UM UPT RSCN Malang dapat dijadikan tempat pembalajaran bagi mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Sekolah dengan mengamati segala potensi baik metode dan teknik yang digunakan instruktur dalam pembelajaran orang dewasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4846

Actions (login required)

View Item View Item