Wahyuni, Eka (2018) Pengembangan modul pengayaan pengolahan dan penyajian makanan Indonesia kuliner etnis Tengger pada kelas XII Jasa Boga / Eka Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Wahyuni Eka. 2017. Pengembangan Modul Pengayaan Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia Kuliner Etnis Tengger pada Kelas XII Jasa Boga. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dra. Titi Mutiara Kiranawati M.P. (II) Dra. Nunung Nurjanah M.Kes Kata Kunci pengembangan modul kuliner etnis tengger mata pelajaran pengolahan dan penyajian makanan indonesia Kurikulum 2013 menganut sistem pembelajaran tuntas dan sistem pembelajaran yang melayani perbedaan individual siswa. Dalam kurikulum 2013 terdapat kegiatan pengayaan yang merupakan kegiatan pemberian pendalaman atau tambahan pengalaman terhadap siswa yang terindikasi melampaui ketuntasan belajar yang ditentukan oleh kurikulum. Pengembangan modul pengayaan pengolahan dan penyajian makanan Indonesia ini adalah mengenai kuliner etnis Tengger. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Sugiyono yang terdiri dari 9 tahapan yaitu (1) Potensi dan masalah (2) Pengumpulan data (3) Desain produk (4) Validasi desain (5) Revisi produk I (6) Uji coba produk (7) Revisi produk II (8) Uji coba pemakaian dan (9) Revisi produk III. Data uji coba dan uji pemakaian menggunakan data kuantitatif dalam bentuk angket yang dihitung dari perolehan skor menggunakan persentase dan penilaian kualitatif berupa saran dan komentar dari responden. Hasil validasi ahli materi (pemangku adat etnis Tengger wilayah barat) dinyatakan layak dengan persentase 100% dengan saran memperbaiki isi materi. Hasil validasi ahli materi (Dosen) dinyatakan layak dengan persentase 83 93% dengan saran memperbaiki isi materi. Hasil validasi ahli materi (Guru) dinyatakan layak dengan presentase 89 29% dengan saran memperbaiki isi materi. Hasil penilaian ahli media dinyatakan layak dengan presentase 95% dengan saran perbaikan cover modul. Hasil validasi ahli bahasa dinyatakan layak dengan persentase 95 83% dengan saran perbaikan penggunaan tata bahasa. Hasil uji coba produk dinyatakan layak dengan presentase 92 50% dengan saran perbaikan pada ukuran gambar modul. Hasil uji coba pemakaian dinyatakakan layak dengan persentase 92 88% tanpa ada saran perbaikan produk. Kesimpulan pada pengembangan modul pengayaan ini adalah modul pengayaan telah memenuhi syarat untuk digunakan ditinjau dari kebenaran materi kesesuaian materi kemudahan penggunaan media dan kesesuaian tata tulis dan tata bahasa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jan 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/48459 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |