Analisis profitabilitas menu Teaching Resto Universitas Negeri Malang menggunakan menu engineering / Sandra Tungga Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis profitabilitas menu Teaching Resto Universitas Negeri Malang menggunakan menu engineering / Sandra Tungga Dewi

Dewi, Sandra Tungga (2018) Analisis profitabilitas menu Teaching Resto Universitas Negeri Malang menggunakan menu engineering / Sandra Tungga Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dewi S.T. 2017. Analisis Profitabilitas Menu Teaching Resto Universitas Negeri Malang Menggunakan Menu Engineering. Skripsi. Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Aisyah Larasati S.T. M.T. MIM. Ph D. (2) Dr.Dra. Teti Setiawati M.Pd. Kata Kunci Menu engineering Profitabilitas Resto Menu pada Teaching Resto memiliki tingkat penjualan dan tingkat profitabilitas yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut mengakibatkan ketidakefisienan dalam kontrol dan operasional restoran sehingga dibutuhkan cara yang tepat untuk membantu manajemen dalam mengelola menu. Berdasarkan kondisi tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisa marjin kontribusi dan indeks popularitas menu menentukan matriks menu engineering serta menentukan strategi yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan profitabilitas Teaching Resto. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang dianalisis adalah data penjualan setiap menu selama bulan Februari 2017-April 2017. Analisis data dilakukan dua tahap. Tahap pertama menganalisis marjin kontribusi dan indeks popularitas menu. Tahap kedua adalah analisa menu engineering yang terdiri atas menu item analysis menu mix analysis menu engineering summary menu engineering worksheet matriks menu engineering dan menu engineering graph. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian adalah sebagian besar menu di Teaching Resto memiliki marjin kontribusi di bawah standar. Total menu di Teaching Resto memiliki berdasarkan indeks popularitas yang ditentukan memiliki hasil yang sama pada penjualan yang tinggi dan penjualan yang rendah. Strategi yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan profitabilitas Teaching Resto berdasarkan kategori menu adalah mempertahankan standar dan ciri khas menu pada kategori stars (12 menu) untuk menu di kategori plowhorse (9 menu) adalah menaikkan harga jual dengan cermat dan mempertimbangkan ukuran porsi dengan cermat melakukan penurunan harga dengan mempertahankan marjin kontribusi tetap di atas rata-rata dan memberikan promosi agar penjualan meningkat untuk menu di kategori puzzle (5 menu) serta untuk kategori dog (2 menu) adalah menghilangkan atau menaikan status menjadi kategori puzzle.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48456

Actions (login required)

View Item View Item