Identifikasi dan komposisi gizi kuliner etnis Tengger di Desa Wonokitri Kabupaten Pasuruan / Nuraini Dwi Ambarwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi dan komposisi gizi kuliner etnis Tengger di Desa Wonokitri Kabupaten Pasuruan / Nuraini Dwi Ambarwati

Ambarwati, Nuraini Dwi (2018) Identifikasi dan komposisi gizi kuliner etnis Tengger di Desa Wonokitri Kabupaten Pasuruan / Nuraini Dwi Ambarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ambarwati Nuraini Dwi. 2017.Identifikasi dan Komposisi Gizi Kuliner Etnis Tengger di Desa Wonokitri Kabupaten Pasuruan. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Dr. Dra. Titi Mutiara Kiranawati M.P. (II) Dra. Wiwik Wahyuni M.Pd. Kata Kunci identifikasi kuliner etnis tengger komposisi gizi kuliner etnis tengger kuliner etnis tengger di desa wonokitri. Masyarakat Tengger memiliki keberagaman kuliner yaitu makanan sehari-hari dan makanan kesempatan khusus. Masyarakat Tengger memiliki makanan untuk kesempatan khusus yang disajikan pada upacara adat mulai dari upacara daur hidup maupun sosial. Wilayah di Tengger yang memiliki beragam kuliner adalah Desa Wonokitri. Desa Wonokitri salah satu desa yang berada di wilayah Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari wawancara empat orang informan yaitu Kepala Desa Wonokitri Pemuka Adat desa Wonokitri dan masyarakat desa Wonokitri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara interaktif dengan langkah-langkah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dalam forum FGD (Focus Group Discussion). Hasil penelitian etnis Tengger di desa Wonokitri meliputi makanan sehari-hari berdasarkan kategori makanan pokok terdiri dari nasi putih dan nasi aron. Hidangan lauk pauk terdiri dari perkedel kentang mendol talas ikan asin goreng sambal tempe tahu dan sambal osek. Hidangan sayuran terdiri dari sayur semen jangan kentang lawaran kentang dan sayur lodeh. Jajanan terdiri dari lupis sawut dan utri dan minuman terdiri dari teh dan kopi. Makanan kesempatan khusus berdasarkan kategori makanan pokok terdiri dari nasi putih. Hidangan lauk pauk terdiri dari ayam panggang. Hidangan sayuran terdiri dari bera kulup (buncis ucet kubis dan sawi hijau). Jajanan terdiri dari jadah pasung p p s bubur merah bubur putih dan jenang koleh dan minuman terdiri dari teh dan kopi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48448

Actions (login required)

View Item View Item