Entrepreneurship sebagai muatan lokal di SMA Selamat Pagi Indonesia Kota Batu / Yasyinta Herdiyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Entrepreneurship sebagai muatan lokal di SMA Selamat Pagi Indonesia Kota Batu / Yasyinta Herdiyani

Herdiyani, Yasyinta (2017) Entrepreneurship sebagai muatan lokal di SMA Selamat Pagi Indonesia Kota Batu / Yasyinta Herdiyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Herdiyani Yasyinta. 2017. Entrepreneurship Sebagai Muatan Lokal di SMA Selamat Pagi Indonesia Kota Batu. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Teti Setiawati M.Pd. (II) Dra. Wiwik Wahyuni M.Pd. Kata Kunci Entrepreneurship Muatan Lokal SMA Selamat Pagi Indonesia merupakan satu-satunya SMA di kota Batu yang menerapkan entrepreneurship lengkap dengan laboratoriumnya bernama Kampoeng Kidz. Fokus utama penelitian ini yaitu 1) kebijakan sekolah menerapkan entrepreneurship 2) struktur kurikulum entrepreneurship 3) model pembelajaran entrepreneurship dan 4) sarana prasarana entrepreneurship. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif Hasil dari penelitian antara lain kebijakan sekolah mengenai penerapan entrepreneurship berpedoman sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Pembelajaran entrepeneurship di SMA Selamat Pagi merupakan muatan lokal sebagai mata pelajaran wajib yang harus diikuti oleh semua peserta didik kelas X kelas XI dan kelas XII. Pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan dilaksanakan pada jam efektif sekolah dengan jumlah jam efektif sekolah dengan jumlah belajar dua jam setiap minggunya tiap jam nya yaitu 45 menit. Struktur Kurikulum Entrepreneurship merupakan muatan lokal di SMA Selamat Pagi Indonesia. Pengembangan langkah-langkah pembelajaran mengacu pada model-model pembelajaran yang diterapkan sesuai kebutuhan. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah bahwa pemilihan pendekatan saintifik atau inkuiri dan penyingkapan (discovery) atau pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah (project based learning) disesuaikan dengan karakteristik kompetensi dan jenjang pendidikan. Sarana Prasarana yang mendukung kegiatan kewirausahaan di SMA Selamat Pagi Indonesia yaitu Kampoeng Kidz sebagai laboraturium entrepreneurship. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk meneliti pengembangan jiwa entrepreneurship pada peserta didik dalam pembelajaran muatan lokal entrepreneurship. Bagi pihak sekolah sebagai bahan referensi untuk kegiatan pembelajaran entrepreneurship menjadi lebih baik. ABSTRACT Herdiyani Yasyinta. 2017. Entrepreneurship as Lokal Contant at SMA Selamat Pagi Indonesia Batu City. Mini Thesis Departement of Industrial Technology Faculty of Engeineering Universitas Negeri Malang. Supervisors (I) Dra. Teti Setiawati M.Pd. (II) Dra. Wiwik Wahyuni M.Pd. Keywords Entrepreneurship Local Contant SMA Selamat Pagi Indonesia is the only high school in Batu city that implement entrepreneurship complete with its laboratory named Kampoeng Kidz. The main focus of this research is 1) school policy to apply entrepreneurship 2) entrepreneurship curriculum structure 3) entrepreneurship learning model and 4) entrepreneurship infrastructure facilities. This research uses qualitative descriptive approach. The results of the study include the school policy on the implementation of entrepreneurship based on the National Education Minister Regulation number 22 of 2006 on Content Standards for Basic and Secondary Education Units. Learning entrepreneurship in SMA Selamat Pagi is a local content as a compulsory subject that must be followed by all students of class X class XI and class XII. The implementation of entrepreneurial learning is carried out in the effective hours of school with the number of effective school hours with the number of study two hours per week its weekly ie 45 minutes. Curriculum Structure Entrepreneurship is a local content in SMA Selamat Pagi Indonesia. Development of learning steps refers to the learning models that are applied as needed. Regulation of the Minister of Education and Culture of the Republic of Indonesia Number 65 Year 2013 on Basic and Secondary Education Process Standards that the selection of scientific or inquiry approaches and discovery or learning that produce project based learning work are tailored to the characteristics of competence and level of education. Infrastructure Facility that supports entrepreneurial activities in SMA Selamat Pagi Indonesia is Kampoeng Kidz as an entrepreneurship laboratory. For the next researcher it is advisable to examine the entrepreneurship spirit development of the learners in the local content of entrepreneurship. For the school as a reference for entrepreneurship learning activities for the better.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48442

Actions (login required)

View Item View Item