Penerapan prinsip PAUD dan manajemen kurikulum pad pos PAUD di Kecamatan Klojen Kota Malang / Setya Eka Fahyan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan prinsip PAUD dan manajemen kurikulum pad pos PAUD di Kecamatan Klojen Kota Malang / Setya Eka Fahyan

Fahyan, Setya Eka (2011) Penerapan prinsip PAUD dan manajemen kurikulum pad pos PAUD di Kecamatan Klojen Kota Malang / Setya Eka Fahyan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Prinsip PAUD Manajemen Kurikulum Pos PAUD Pendidikan sejak usia dini (PAUD) merupakan hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan. Karena pada masa itu terjadi perkembangan yang sangat pesat pada diri anak yang merupakan usia emas (golden age) dalam tahapan kehidupan manusia. Dalam upaya peningkatan mutu pendidikan anak usia dini perlu adanya manajemen yang menyeluruh. Kualitas PAUD akan dapat tercapai sesuai dengan harapan jika ditunjang dengan adanya manajemen kurikulum yang berkualitas pula. Prinsip PAUD yang berorientasi pada kebutuhan anak harus ditujukan pada pemenuhan kebutuhan perkembangan anak. Oleh karena itu manajemen kurikulumnya harus sesuai dengan prinsip PAUD . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasinya adalah seluruh pendidik pada Pos PAUD di wilayah Kecamatan Klojen Kota Malang yang berjumlah 103 orang. Penelitian ini menggunakan total sampel untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket dokumentasi dan wawancara. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip PAUD dan manajemen kurikulum pada Pos PAUD di Kecamatan Klojen Kota Malang sudah baik. Hal ini ditunjukkan oleh prosentase dari tiap variabel yang menunjukkan angka yang dikategorikan baik. Jika dilihat dari hasil penelitian diperoleh skor keseluruhan sebesar 92% sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan prinsip PAUD sudah diterapkan dengan baik dan skor sebesar 87% yang menunjukkan manajemen kurikulum pada Pos PAUD juga diterapkan dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar (1) Bagi peneliti selanjutnya. Diharapkan untuk melengkapi kekurangan yang ada untuk mengembangkan ilmu tentang Pendidikan Anak Usia Dini khususnya tentang manajemen kurikulum yang relevan dengan prinsip PAUD dan dapat digunakan untuk penelitian-penelitian lanjutan. (2) Bagi Pendidik pada lembaga Pos PAUD diharapkan tidak enggan untuk menambah ilmunya tentang PAUD terkait dengan manajemen kurikulumnya untuk meningkatkan kualitas peserta didik. (3) Bagi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah hendaknya Jurusan PLS menambah referensi kepustakaan mengenai PAUD khususnya tentang manajemen kurikulum dan prinsip PAUD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4844

Actions (login required)

View Item View Item