Analisis preferensi konsumen terhadap produk papa sule (puding panna cotta susu kedelai) / Vitmaya Khaznahar - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis preferensi konsumen terhadap produk papa sule (puding panna cotta susu kedelai) / Vitmaya Khaznahar

Khaznahar, Vitmaya (2017) Analisis preferensi konsumen terhadap produk papa sule (puding panna cotta susu kedelai) / Vitmaya Khaznahar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khaznahar V. 2017. Analisis Preferensi Konsumen terhadap Produk Papa Sule (Puding Panna Cotta Susu Kedelai). Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Aisyah Larasati P.hD (II) Ir. Issutarti M.Pd. Kata Kunci panna cotta preferensi konsumen tingkat kepentingan kinerja Puding panna cotta merupakan salah satu hidangan khas Italia yang marak dijual di kota malang. Meskipun diminati harga panna cotta cukup mahal serta memiliki komposisi lemak yang tinggi. Puding panna cotta susu kedelai atau Papa Sule menggunakan susu kedelai sebagai pengganti susu sapi. Kandungan gizi susu kedelai hampir sama dengan susu sapi sehingga memungkinkan untuk menjadi bahan pengganti pada olahan panna cotta. Sebagai produk baru konsumen akan memberikan nilai pada tiap atribut produk Papa Sule. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis preferensi konsumen terhadap produk Papa Sule dengan tujuan mengoptimalkan daya saing produk. Penelitian dilakukan dengan dua tahap. Tahap pertama melakukan penetapan tiga formula Papa Sule. Ketiga formula diuji proksimat untuk mengetahui kadar nutrisi makro pada produk. Formula terbaik Papa Sule ditentukan melalui uji hedonik yang melibatkan 35 panelis dengan dua kali pengulangan yang kemudian dianalisis dengan ANOVA. Tahap kedua adalah mengevaluasi preferensi konsumen terhadap produk Papa Sule berdasarkan hasil penilaian 189 konsumen. Teknik sampling pada penelitian ini adalah accidental sampling. Hasil preferensi konsumen dianalisis dengan Importance-Performance Analysis (IPA) untuk melihat tingkat kepentingan dan kinerja indikator-indikator pada produk Papa Sule. Hasil uji proksimat ketiga formula Papa Sule jika dibandingkan dengan puding panna cotta memiliki kadar protein lebih tinggi lemak lebih rendah dan karbohidrat yang relatif sama. Pada hasil uji hedonik formula C (rasio krim cair 30% dan susu kedelai 70%) mendapat nilai tertinggi sehingga ditetapkan sebagai formula terbaik. Hasil Importance-Performance Analysis (IPA) menunjukkan indikator yang menjadi prioritas utama untuk ditingkatkan kinerjanya adalah indikator tekstur puding di dalam mulut (nomor 2) dan indikator kelengkapan informasi pada label (nomor 10). Indikator aroma vanilla pada produk (nomor 5) dan kemasan tidak berembun (nomor 9) dapat ditingkatkan kinerjanya namun tidak menjadi prioritas utama. Indikator yang harus dipertahankan karena dianggap konsumen penting ada pada produk Papa Sule adalah indikator rasa produk (nomor 1) produk mudah ditelan (nomor 3) tingkat kekokohan produk (nomor 4) aroma keseluruhan yang tidak langu (nomor 6) dan kesesuaian kemasan dengan ukuran produk (nomor 8). Indikator terakhir yaitu warna produk (nomor 7) dapat diabaikan kinerjanya karena dianggap kurang penting bagi keputusan konsumen dalam membeli produk Papa Sule. ABSTRACT Khaznahar V. 2017. Analysis of Consumer Preferences on Papa Sule (Puding Panna Cotta Susu Kedelai). Undergraduated Thesis. Department of Industrial Technology Faculty of Engineering Universitas Negeri Malang. Supervisor (I) Aisyah Larasati P.hD. (II) Ir. Issutarti M.Pd. Key Words panna cotta consumer preferences importance performance Panna cotta is one of Italian dishes which is sold in Malang. Although it has a relatively high demand the prices are pretty expensive and it contains a high fat composition. Papa Sule (Puding Panna Cotta Susu Kedelai) uses soy milk as a substitute for cow s milk. Nutritional content of soy milk is similar to cow s milk so it is enable to be processed as the substitute material of panna cotta. As a new product consumers evaluate the value of each product attribute of Papa Sule. The purpose of this research was to analyze consumer preferences on Papa Sule in order to optimize the product competitiveness. The research was performed in two steps. The first step was to define the three formulas of Papa Sule. The proximate test for three formulas was conducted in order to know the levels of macro-nutrients in the product. The best formula of Papa Sule is determined by the hedonic test that involved 35 panelists with two replication and analyzed by ANOVA. The second step is to evaluate consumer preferences towards Papa Sule based on 189 consumers. The sampling techniques which is used in this study was accidental sampling. The results of consumer preferences are analyzed with the Importance-Performance Analysis (IPA) to see the level of importance and the performance indicators on Papa Sule. Based on the result of proximate test three formulas of Papa Sule had a higher protein lower fat and equal carbohydrate compared to panna cotta. On the results of hedonic test formula C (ratio of liquid cream 30% and soy milk 70%) gets the highest value so it was determined as the best formula. The results of the Importance-Performance Analysis (IPA) indicator shows that the main priority for improved performance is an indicator of texture in the mouth of pudding (number 2) and an indicator of the completeness of the information on the label of packaging (number 10). Indicator of vanilla aroma on product (number 5) and packaging not dewy (number 9) can be improved performance but wasn t the main priority. The indicators that should be maintained because consumer consider it was important on the Papa Sule is an indicator of taste product (number 1) the product is easily swallowed up (number 3) the level of robustness of the product (number 4) the overall scent which is not unpleasant (number 6) and the suitability of the packaging with the product size (number 8). The last indicator which is the color of the product (number 7) can be ignored by its performance because consumer thought it less important for decisions in buying Papa Sule.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48427

Actions (login required)

View Item View Item