Higiene sanitasi laboratorium pengolahan makanan SMK Negeri 2 Jombang / Hersiana Rizki Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Higiene sanitasi laboratorium pengolahan makanan SMK Negeri 2 Jombang / Hersiana Rizki Utami

Utami, Hersiana Rizki (2017) Higiene sanitasi laboratorium pengolahan makanan SMK Negeri 2 Jombang / Hersiana Rizki Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rizki Putri Utami. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Subtema Hewan di Sekitarku melalui Media Pop Up Book pada Siswa Kelas II SDN Tanjungrejo 4 Kota Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sumanto M.Pd (II) Dra. Murtiningsih M.Pd. Kata Kunci Hasil Belajar Subtema Hewan di Sekitarku Media Pop Up Book Sekolah Dasar Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di kelas II SDN Tanjungrejo 4 Kota Malang ditemukan beberapa masalah diantaranya (1) siswa merasa jenuh dan bosan saat mengikuti pembelajaran (2) kondisi kelas yang ramai (3) guru tidak menggunakan media pembelajaran (4) guru hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan dan (5) hasil belajar siswa rendah Tujuan penelitian yaitu (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran subtema hewan di sekitarku melalui media pembelajaran pop up book pada siswa kelas II (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar subtema hewan di sekitarku melalui media pembelajaran pop up book pada siswa kelas II SDN Tanjungrejo 4 Kota Malang. Media pop up book adalah media berbentuk buku dengan unsur tiga dimensi dan memiliki tampilan visual menarik melalui gambar foto teks grafik dan simbol yang dapat bergerak ketika halamannya dibuka. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yakni siklus I dan siklus II dengan 4 tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi dokumentasi dan tes. Subyek penelitian ini berjumlah 40 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini yakni teknik analisis deskriptif kualitatif yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pelaksanaan pembelajaran subtema hewan di sekitarku melalui media pop up book berjalan dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar aspek pengetahuan yakni 67 7 pada pratindakan menjadi 75 8 pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 85 2. Rata-rata hasil belajar aspek sikap juga mengalami peningkatan pada siklus I 81 7 meningkat menjadi 85 3 pada siklus II. Sedangkan rata-rata hasil belajar aspek keterampilan siswa pada siklus I 75 3 meningkat menjadi 81 7 pada siklus II. Kesimpulan menyatakan bahwa media pop up book dapat meningkatkan hasil belajar subtema hewan di sekitarku pada siswa kelas II SDN Tanjungrejo 4 Kota Malang. Disarankan agar guru menggunakan media pop up book dalam pembelajaran sebagai salah satu alternatif media pembelajaran di kelas dengan mempertimbangkan isi materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48419

Actions (login required)

View Item View Item