Sari, Desy Nasrani Kumala (2017) Perbedaan hasil belajar antara model contextual teaching and learning dengan model problem base learning pada mata pelajaran ilmu gizi kelas X SMK Negeri 3 Malang / Desy Nasrani Kumala Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sari Desy Nasrani Kumala. 2017. Perbedaan Hasil Belajar Antara Model Contextual Teaching and Learning dengan Model Problem Base Learning pada Mata Pelajaran Ilmu Gizi Kelas X SMK Negeri 3 Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Amat Nyoto M.Pd. (II) Lismi Animatul Chisbiyah S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Contextual Teaching and Learning Problem Base Learning Hasil belajar Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Gizi pada sekolah yang diobservasi di kegiatan awal tergolong rendah. Faktor penyebabnya karena kesulitan belajar siswa dalam memahami materi yang disampaikan kurang komunikasi dan interaksi antar siswa dalam kegiatan belajar masih ada siswa yang belum berani mengungkapkan pendapat baik dalam diskusi maupun di dalam kegiatan belajar. Upaya untuk mengatasi permasalahan yang ada yaitu dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Model CTL dipilih karena konsep pembelajaran tersebut mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari sehingga pembelajaran akan lebih bermakna dan dapat dipahami oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah menemukan data empirik perbedaan hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan siswa yang diberi perlakuan model Problem Base Learning (PBL). Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen menggunakan desain the nonequivalent control group design dengan jumlah sample 72 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan observasi dan tes. Observasi dilakukan untuk memberikan penilaian pada ranah psikomotor sedangkan tes dilakukan pada penilaian ranah kognitif. Analisis data yang digunakan untuk melihat perbedaan hasil belajar ranah kognitif menggunakan uji beda dengan t test. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan hasil belajar ranah kognitif yaitu meningkatnya hasil belajar siswa. Pada kelas dengan model CTL rata-rata pre test pokok bahasan pertama sejumlah 59 8 dan pre test pokok bahasan kedua menunjukkan nilai 61 08 kemudian rata-rata meningkat menjadi 78 1 pada post test pokok bahasan pertama dan 83 05 pada post test pokok bahasan kedua sedangkan pada kelas dengan model PBL juga menunjukkan adanya perubahan dengan nilai rata-rata pre test pokok bahasan pertama 65 21 dan pada pre test pokok bahasan kedua menunjukkan rata-rata 66 54 kemudian rata-rata meningkat dengan nilai 72 16 pada post test pokok bahasan pertama dan 73 21 pada post test pokok bahasan kedua. Hasil analisis uji perbedaan menggunakan t test menunjukkan thitung 0 739 t tabel 2 031 artinya tidak ada perbedaan hasil belajar ranah kognitif pada kedua kelas tersebut walaupun mean kedua model tersebut rata-rata naik tetapi tidak signifikan. Hasil belajar psikomotor pada kelas dengan model CTL dan kelas model PBL secara statistik menunjukkan hasil yang sama baiknya namun mean hasil model CTL sedikit lebih tinggi daripada PBL dengan selisih nilai 2 73 ABSTRACT Sari Desy Nasrani Kumala. 2017. Differences in Learning Outcomes Between Contextual Teaching and Learning Model by Problem Base Learning of Nutrition Science Subject of 10th Grade Student in SMK Negeri 3 Malang. Mini Thesis Departmen of Industrial Technology Faculty of Engineering Universitas Negeri Malang. Advisors (I) Dr. H. Amat Nyoto M.Pd. (II) Lismi Animatul Chisbiyah S.Pd. M.Pd. Keywords Contextual Teaching and Learning Problem Base Learning Learning Outcomes Student s learning results in the School on Nutrition Science subjects are mostly low. Factors caused by students learning difficulties in understanding the material delivered lack of communication and interaction between students in learning activities there are still students who have not dared to express opinions either in discussions or in learning activities. Efforts to overcome the existing problems with the application of learning models Contextual Teaching and Learning (CTL). CTL model is chosen because of the concept of learning is that links the lesson with daily life so that learning will be more meaningful and understandable to the students. The purpose of this research is to find empirical data of difference of learning results of students who are treated by Contextual Teaching and Learning (CTL) model in students who are treated by Problem Base Learning (PBL) model. The type of research conducted is experimental research using the nonequivalent control group design with a total sample of 72 students. The data were collected by observation and test. Observations were made to provide as assessment of the psychomotor domain whereas tests were used for cognitive domain assessment. Analysis of data used to determine cognitive domain results is comparison test with t test. The result of the research shows that there is a change of learning result of the cognitive domain that is the increasing of student learning result. In the class with the average CTL model pre test the first subject of 59.8 and the pre test of the second subject showed a value of 61.08 then the average increased to 78.1 in the post test of the first subject and 83.05 in the post Test of the second subject while in the class with the PBL model also showed a change with the average value of pre test of the first subject 65 21 and in the pre test the second subject showed an average of 66.54 then the average increased with A value of 72.16 on the post test of the first subject and 73.21 on the post test of the second subject. The result of difference test analysis using t test shows tcount 0 739 t table 2.031 meaning there is no difference of learning result of cognitive domain in both class even though mean of both model is increase but not significant. Psychomotor learning outcomes in class with CTL model and PBL model class statistically showed the same result but the mean result of CTL model was slightly higher than PBL with the difference of 2.73.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/48418 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |