Analisis bauran produk dan bauran harga produk kerupuk limbah tulang ikan tenggiri / Umi Khafidloh - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis bauran produk dan bauran harga produk kerupuk limbah tulang ikan tenggiri / Umi Khafidloh

Khafidloh, Umi (2017) Analisis bauran produk dan bauran harga produk kerupuk limbah tulang ikan tenggiri / Umi Khafidloh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khafidloh Umi. 2017. Analisis Bauran Produk dan Bauran Harga Produk Kerupuk Limbah Tulang Ikan Tenggiri. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Aisyah Larasati Ph.D. (II) Lismi Animatul Chisbiyah S.Pd. M.Pd. Kata Kunci tulang ikan tenggiri kerupuk ikan bauran produk bauran harga. Produk kerupuk yang dijual umummya menggunakan bahan tambahan seperti ikan udang dan sayur. Tulang ikan tenggiri merupakan salah satu hasil samping dari pengolahan limbah perikanan yang dapat dimanfaatkan. Penambahan tulang ikan tenggiri pada produk kerupuk bertujuan untuk memanfaatkan hasil limbah tulang ikan tenggiri di daerah Mojokerto. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil uji kimia (kalsium protein kadar air dan kadar abu) bauran produk bauran harga serta formula terbaik kerupuk tulang ikan tenggiri. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan dua kali pengulangan. Panelis yang terlibat adalah panelis konsumen sejumlah 100 orang. Data hasil analisis kimia diuji secara statistik menggunakan uji ANOVA dilanjutkan dengan uji Duncan s dan analisis descriptive. Perlakuan terbaik ditentukan menggunakan metode indeks efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan tepung tulang ikan tenggiri dengan persentase yang berbeda menyebabkan perbedaan yang signifikan terhadap hasil uji kimia (kalsium protein kadar air dan kadar abu) hasil uji fisik (kecerahan warna) hasil uji hedonik (warna aroma dan kerenyahan) dan hasil uji mutu hedonik (aroma rasa dan kerenyahan). Namun penambahan tepung tulang ikan tenggiri dengan persentase yang berbeda tidak menyebabkan perbedaan yang signifikan terhadap hasil uji hedonik rasa. Formula terbaik yang diperoleh yaitu formula dengan penambahan tepung tulang ikan tenggiri 10% dengan nilai total 0 65. Hasil uji kimia yang diperoleh yaitu kalsium 804 34 (mg/ 100 g) protein 9 49% kadar air 1 29% dan kadar abu 0 05%. Hasil uji fisik kecerahan warna 72 44%. Hasil uji hedonik yang diperoleh yaitu warna 4 48 aroma 4 12 rasa 4 16 dan kerenyahan 4 48. Hasil uji mutu hedonik yang diperoleh yaitu aroma 4 4 rasa 3 73 dan kerenyahan 4 58. Hasil analisis bauran produk untuk desain kemasan menunjukkan bahwa desain kemasan 2 paling disukai panelis. Hasil analisis bauran harga dan ukuran menunjukkan bahwa harga dan ukuran 2 paling disukai yaitu produk yang dirancang dengan harga Rp 8.900 - dan ukuran 250 gram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48405

Actions (login required)

View Item View Item