Pengaruh jenis buah terhadap mutu minuman fungsional sari rimpang teki (Cyperus rotundus L) rasa buah / Rajih Mashifa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh jenis buah terhadap mutu minuman fungsional sari rimpang teki (Cyperus rotundus L) rasa buah / Rajih Mashifa

Mashifa, Rajih (2017) Pengaruh jenis buah terhadap mutu minuman fungsional sari rimpang teki (Cyperus rotundus L) rasa buah / Rajih Mashifa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mashifa Rajih. 2016. Pengaruh Jenis Buah terhadap Mutu Minuman Fungsional Sari Rimpang Rumput Teki (Cyperus rotundus L)Rasa Buah. Skripsi Program Studi Pendidikan Tata Boga Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Mazarina Devi M.Si. (2) Dr. Ir. SoenarSoekopitojo M.Si. Kata Kunci rimpang rumput teki sari buah minuman fungsional Penelitian bertujuan untuk mengetahuipengaruh jenis buah terhadap mutu minuman fungsional sari rimpang rumput teki rasa buah. Jenis buah yang digunakan dalam penelitian ini adalah buah stroberi nanas dan sirsak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah kandungan kalsium (Ca) magnesium (Mg) dan zat besi (Fe) serta mutu organolaptik yang meliputi rasa dan aroma pada masing-masing minuman sari rimpang rumput teki rasa buah. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2015 sampai dengan Februari 2016 di laboratorium Teknologi Industri Universitas Negeri Malang sedangkan analisis kandungan kalsium magnesium zat besi di laboratorium kimia Universitas Muhammadiyah Malang. Rancangan penelitian disusun menggunakan rancangan acak lengkap dengan perlakuan jenis buah yaitu minuman sari rimpang rumput teki dengan buah stroberi minuman sari rimpang rumput teki dengan buah nanas minuman sari rimpang rumput teki dengan buah sirsak. Semua perlakuan diulang sebanyak dua kali. Uji kalsium magnesium dan zat besi menggunakan metode spektrofotometer uv vis. Uji hedonik rasa dan aroma dilakukan pada 35 panelis dengan dua kali ulangan. Data yang diperoleh dianalisis anova one way dan uji lanjut DMRT menggunakan program komputasi SPSS for windows ver. 21. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa penambahan buah yang berbeda memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kandungan kalsium magnesium dan zat besi pada minuman sari rimpang rumput teki. Penambahan buah stroberi menghasilkan minuman sari rimpang rumput teki dengan kadar kalsium 0 338 (mg/100 ml) magnesium 0 176 (mg/100 ml) dan zat besi 0 008 (mg/100 ml) tertinggi dan berbeda nyata dengan buah nanas dan sirsak. Hasil uji statistik juga menunjukkan bahwa penambahan buah yang berbeda memberikan pengaruh yang signifikan terhadap sifat hedonik rasa namun tidak pada sifat hedonik aroma. Penambahan buah nanas lebih disukai dibandingkan penambahan buah stroberi dan nanas. Hasil uji hedonik rasa ketiga rasa berada pada kisaran netral sampai agak suka. Hasil uji hedonik aroma ketiga rasa berada pada kisaran netral sampai agak suka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48401

Actions (login required)

View Item View Item