Lisnawati, Rita (2017) Hubungan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar pembelajaran teori dan praktik mata pelajaran boga dasar / Rita Lisnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Lisnawati Rita. 2016. Hubungan Minat Belajar Siswa Terhadap PrestasiBelajar Pembelajaran Teori dan Praktik Mata Pelajaran Boga Dasar. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Aisyah Larasati Ph.D (II) Lismi Animatul Chisbiyah S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Minat belajar Prestasibelajar teori Prestasibelajar Praktik Minat merupakan kecenderungan seseorang untuk mengikuti kegiatan tanpa ada paksaan yang timbul dalam diri sendiri. Minat belajar merupakan faktor penting yang harus dimiliki dalam diri siswa. Minat belajar dari diri siswa akan berpengaruh terhadapprestasi belajar siswa dalam pembelajaran teori maupun praktik.Prestasimerupakanpencapaiantingkatansiswasejauhmanatelahdapatmencapaitujuan yang ditetapkandisetiapbidangstudidandigunakanuntukmenyatakannilai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat belajar denganprestasibelajar siswa teori dan praktik pada mata pelajaran Boga Dasar siswa SMK Negeri 3 Malang. Penelitian ini merupakankorelasional dengan melibatkan tiga variabel yaitu minat belajar sebagai variabel bebas serta prestasi belajar pembelajaran teori dan praktik merupakan variabel terikat.Analisis uji korelasi menggunakankorelasikendal tau. Jumlah populasi sebanyak 98 siswa dan diambil sampel sebanyak 77 siswa. Penelitian ini menggunakan angket untuk mengambil data tentang minat belajar. Instrumen yang digunakanuntukpengambilan data minatbelajaryaituangketsedangkanprestasibelajardilihatdarinilairapot yang diambildaridokumen guru. Korelasi antara minat belajar denganprestasibelajar teoridiperolehnilai koefisien 0 019. Nilaitersebutmenunjukkanbahwahubungansangat rendah. Dengandemikianhubungan yang terjadiantaraminatbelajardenganprestasibelajarteorisangatrendahdantidaksignifikan. Sedangkan korelasi antara minat belajar denganprestasibelajar praktikdiperolehnilai koefisien -0 044.Nilaitersebutmenunjukkanbahwahubungansangat rendahdanberhubungannegatif. Dengandemikianhubungan yang terjadiantaraminatbelajardenganprestasibelajarpraktiksangatrendahdantidaksignifikan. Kesimpulanpenelitianmenunjukkanminatbelajarsiswadikategorikantinggisedangkanuntukprestasibelajarteoridanpraktikberadapadakategoribaik. Hubunganminatbelajardenganprestasibelajarteoridanpraktiktidakterdapathubunganyang signifikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Feb 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/48398 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |