Hubungan kecakapan literasi informasi dengan sikap higiene-sanitasi dan kesehatan-keselamatan kerja siswa SMK Program Keahlian tata Boga di Kota Malang / Putri Ayustha Wardhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kecakapan literasi informasi dengan sikap higiene-sanitasi dan kesehatan-keselamatan kerja siswa SMK Program Keahlian tata Boga di Kota Malang / Putri Ayustha Wardhani

Wardhani, Putri Ayustha (2017) Hubungan kecakapan literasi informasi dengan sikap higiene-sanitasi dan kesehatan-keselamatan kerja siswa SMK Program Keahlian tata Boga di Kota Malang / Putri Ayustha Wardhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wardhani Putri Ayustha. 2016. Hubungan Kecakapan Literasi Informasi Dengan Sikap Higiene-Sanitasi Dan Kesehatan-Keselamatan Kerja Siswa SMK Program Keahlian Tata Boga Di Kota Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Teti Setiawati M.Pd. (2) Dra. Nunung Nurjanah M.Kes. Kata Kunci literasi informasi sikap higiene-sanitasi sikap kesehatan- keselamatan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecakapan literasi informasi yang dimiliki siswa kelas XI SMK Program Keahlian Tata Boga di kota Malang serta hubungannya dengan sikap higiene-sanitasi dan kesehatan-keselamatan kerja. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 269 siswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan rumus slovin dan menghasilkan jumlah sampel sebanyak 160 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara proporsional random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki (1) kecakapan literasi informasi dengan klasifikasi sangat baik sebanyak 9 4% baik 81 2% cukup baik 9 4% kurang baik 0%. Kecakapan literasi informasi tersebut terdiri dari 6 kemampuan yaitu (a) mendefinisikan masalah dengan klasifikasi sangat baik 31 25% baik 52 5% cukup baik 7 5% kurang baik 0% (b) menggunakan strategi pencarian informasi dengan klasifikasi sangat baik 13 7% baik 67 6% cukup baik 18 7% kurang baik 0% (c) menentukan lokasi dan cara mengakses dengan klasifikasi sangat baik 7 5% baik 60 6% cukup baik 31 9% kurang baik 0% (d) menggunakan informasi dengan klasifikasi sangat baik 30 % baik 53 7% cukup baik 16 3% kurang baik 0%. (d) mensintesa informasi dengan klasifikasi sangat baik 11 9% baik 67 5% cukup baik 20 7% kurang baik 0%. (f) melakukan evaluasi dengan klasifikasi sangat baik 7 5% baik 58 1% cukup baik 34 4% kurang baik 0%. (2) Sikap higiene-sanitasi dengan klasifikasi sangat baik 18 1% baik 61 9% cukup baik 20% kurang baik 0% (3) sikap kesehatan-keselamatan kerja dengan klasifikasi sangat baik 18 1% baik 58 1% cukup baik 23 8% kurang baik 0% baik (4) ada hubungan yang signifikan antara kemampuan mendefinisikan masalah menggunakan strategi pencarian informasi menentukan lokasi dan akses menggunakan informasi mengevaluasi informasi dengan sikap higiene-sanitasi. Tidak ada hubungan signifikan antara kemampuan mensintesa informasi dengan sikap higiene-sanitasi (5) ada hubungan yang signifikan antara kemampuan mendefinisikan masalah menggunakan strategi pencarian informasi menentukan lokasi dan akses menggunakan informasi mengevaluasi informasi dengan sikap kesehatan-keselamatan kerja. Tidak ada hubungan yang signifikan antara kemampuan mensintesa informasi dengan sikap kesehatan-keselamatan kerja (6) ada hubungan yang signifikan secara simultan antara kecakapan literasi informasi dengan sikap higiene-sanitasi (7) Ada hubungan yang signifikan antara kecakapan literasi informasi dengan sikap kesehatan-keselamatan kerja. Kesimpulan penelitian ini adalah siswa memiliki sebagian besar siswa memiliki kecakapan literasi informasi yang baik memiliki sikap higiene-sanitasi dan kesehatan-keselamatan kerja yang baik. Saran bagi peneliti lain untuk memfokuskan penelitian terhadap variabel lain diluar literasi informasi yang mempengaruhi sikap higiene-sanitasi dan kesehatan-keselamatan kerja yang dimiliki siswa. Bagi guru mengintegrasikan langkah-langkah literasi informasi dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48390

Actions (login required)

View Item View Item