Analisis makanan tradisional sebagai potensi wisata kuliner di Kabupaten Tulungagung / Ika Rizawatul Kusna - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis makanan tradisional sebagai potensi wisata kuliner di Kabupaten Tulungagung / Ika Rizawatul Kusna

Kusna, Ika Rizawatul (2016) Analisis makanan tradisional sebagai potensi wisata kuliner di Kabupaten Tulungagung / Ika Rizawatul Kusna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusna I.R. 2016. Analisis Makanan Tradisional Sebagai Potensi Wisata Kuliner di Kabupaten Tulungagung. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Nunung Nurjanah M.Kes. (II) Laili Hidayati S. Pd. M.Si. Kata Kunci Makanan Tradisional Kuliner Kabupaten Tulungagung Kabupaten Tulungagung memiliki beragam jenis makanan tradisional yang menjadi ciri khas daerahdan dibuat dari bahan baku lokal. Makanan tradisional dapat dijadikan peluang untuk mempromosikan wisata kuliner. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keanaekaragaman pengolahan makanan pengemasan dan fungsi dari makanan tradisional di Kabupaten Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini adalah pengusaha makanan tradisional pembuat sekaligus penjual makanan tradisional. Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa (1) Keanekaragaman makanan di Kabupaten Tulungagung meliputi punten tiwul nasi gronjol ayam lodho sate kambing sayur ikan asin pecel lele soto ayam kampung tahu bumbu urap-urap bothok sayur lodeh sayur pecel kue geti jenang syabun jenang ketan lasimun kerupuk rambak dan kerupuk gadung (2) Teknik pengolahan makanan yang digunakan meliputi merebus merebus dibawah titik didih dengan api kecil menumis mengukus menggoreng membakar dan menyangrai (3) Pengemasan makanan menggunakan daun pisang daun jati besek plastik dan kertas (4) Makanan tradisional dapat dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh dan dapat dijadikan potensi wisata kuliner di Kabupaten Tulungagung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48377

Actions (login required)

View Item View Item