Laila, Farida Indah Nur (2016) Perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan macromedia flash dan hand out pada materi pembuatan pola kemeja pria di kelas XI Jurusan Tata Busana SMKN 3 Malang / Farida Indah Nur Laila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Laila Farida Indah Nur. 2016. Perbedaan Hasil Belajar Antara Siswa Yang Menggunakan Macromedia Flash Dan Hand Out Pada Materi Pembuatan Pola Kemeja Pria Di Kelas XI Jurusan Tata Busana SMKN 3 Malang. Skripsi. Jurusan Teknologi Industri. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Nur Endah Purwaningsih M.Pd. (II) Anik Dwiastuti S.T. M.T Kata kunci hasil belajar macromedia flash hand out Kegiatan pembelajaran dilakukan secara efektif dan efisien agar materi dapat diingat dan dipahami oleh siswa dengan baik. Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilakukan peneliti pada guru pengajar mata pelajaran pembuatan pola di kelas XI Tata Busana SMKN 3 Malang diketahui bahwa proses pembelajaran pada materi pembuatan pola kemeja pria menggunakan metode ceramah dan materi disajikan dalam bentuk media cetak. Dampak yang terlihat dari pembelajaran tersebut siswa merasa sulit dan hasil belajar siswa kurang memuaskan. PenggunaanMacromedia flashpada pembuatan pola kemeja pria merupakan produk pengembangan pada penelitian yang dilakukan oleh Susan Windi Arini yang dapat digunakan dalam pembelajaran materi pola kemeja pria. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas XI Jurusan Tata Busana yang belajar menggunakan macromedia flash dan hand out pada materi pembuatan pola kemeja pria.Hipotesis penelitian ini adalah siswa yang belajar menggunakan macromedia flash hasil belajarnya berbeda dengan siswa yang belajar menggunakan hand out. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasy experimental) dengan rancangan pre-tes pos-tes nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampeljudgment pada penelitian ini menggunakan prinsip rata-rata nilai sama atau hampir sama pada pelajaran pembuatan pola yang ditetapkan bersama guru pengampu mata pelajaran ini. Sampelpada penelitian ini adalah siswa kelas XI Wirausaha sebagai kelas eksperimenyang belajar menggunakan media macromedia flashdan kelas XI Dress Makingsebagai kelas kontrol yang belajar menggunakan hand out.Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tulis tes unjuk kerja siswa membuat pola kemeja pria dan tes penilaian sikap. Uji validitas menggunakan validitas isi dan uji reliabilitasspearman brown. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa uji t. Rata-rata nilai pos-tes kelas eksperimen adalah 83 125 dan rata-rata nilai pos-tes kelas kontrol adalah 79 35. Hasil uji t diperoleh t hitung (2 626) t tabel (1 679) maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan macromedia flash dan media cetak pada materi membuat pola kemeja pria di kelas XI jurusan Tata Busana SMKN 3 Malang. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang belajar menggunakan macromedia flash dan siswa yang belajar menggunakan hand out. Perbedaan tersebut terlihat pada rata-rata nilai pos-tes siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata nilai pos-tes siswa pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan maka saran yang ditulis peneliti yaitu (1) bagi guru macromedia flash dapat dijadikan sebagai salah satu media alternatif untuk mempermudah proses pembelajaran (2) bagi sekolah media macromedia flash pada materi pembuatan pola kemeja dapat sebagai bahan masukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran pada materi pembuatan pola kemeja pria (3) bagi peneliti lain hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai rujukan untuk penelitian yang sejenis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/48369 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |