Devintasari (2016) Analisis relevansi materi, proses, dan penilaian pembelajaran pada buku siswa mata pelajaran tata hidang berdasarkan kurikulum 2013 / Devintasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Devintasari. 2016. Analisis Relevansi Materi Proses dan Penilaian Pembelajaran pada Buku Siswa Mata Pelajaran Tata Hidang berdasarkanKurikulum 2013. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Nunung Nurjanah M.Kes. (2) Dr. H. Dwi Agus Sudjimat S.T. M.Pd. Kata kunci relevansi buku siswa tata hidang kurikulum 2013 Kurikulum 2013 (K-13) merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Terkait implementasi K-13 pemerintah telah mempersiapkan bahan ajar dalam bentuk buku siswayang dimaknai sebagai buku kerja siswa. Buku SiswaMata Pelajaran Tata Hidang terdapat 2 jilid dan telah didistribusikan ke sekolah-sekolah dalam bentuk soft file. Guru-guru masih banyak yang belum menggunakan buku siswa sebagai sumber belajar karena kurangnya cakupan materi pembelajaran. Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukan pengkajian mengenai relevansi materi proses penilaian dan kesesuaian pengorganisasian materi belajar pada buku siswa berdasarkan K-13. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif-evaluatif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumenter. Data penelitian diperoleh dengan membandingkan materi proses penilaian dan pengorganisaisan pembelajaran pada Buku SiswaMata Pelajaran Tata Hidang Jilid 1-2 berdasarkan standar isi proses penilaian dan pengorganisasian materi pembelajaran pada K-13. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh empat simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama relevansi materi pembelajaran pada Buku SiswaMata Pelajaran Tata Hidang dengan Kompetensi dalamK-13 tergolong relevan (94%) untuk jilid 1 dan tergolong kurang relevan (24%) untuk Buku SiswaMata Pelajaran Tata Hidang jilid 2. Kedua padaBuku SiswaMata Pelajaran Tata Hidang Jilid 1 tidak menggunakan sintak model pembelajaran tetapi pada tugas individu dan tugas kelompok mengarah pada pendekatan ilmiah. Pada Buku SiswaTata Hidang Jilid 2 menggambarkan sintak model pembelajaran yaitu PBL (Problem Based Learning) dan prosesbelajar mengarah pada pendekatan ilmiah.Ketiga sistem penilaian pada Buku SiswaTata Hidang Jilid 1-2 sesuai dengan standar penilaian pada K-13 yaitu berupa penilaian penilaian otentik.Keempat pengorganisasian materi pembelajaran pada Buku SiswaTata Hidang Jilid 1 2 sudah sesuai dengan integrasi model pembelajaran dan pendekatan ilmiah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/48368 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |