Persepsi siswa tentang mata pelajaran sanitasi, higiene, dan keselamatan kerja pada SMK Program Keahlian Tata Boga di Kota Malang / Octa Viyana Etvandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi siswa tentang mata pelajaran sanitasi, higiene, dan keselamatan kerja pada SMK Program Keahlian Tata Boga di Kota Malang / Octa Viyana Etvandari

Etvandari, Octa Viyana (2016) Persepsi siswa tentang mata pelajaran sanitasi, higiene, dan keselamatan kerja pada SMK Program Keahlian Tata Boga di Kota Malang / Octa Viyana Etvandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Etvandari Octaviyana. 2016. Persepsi Siswa Tentang Mata Pelajaran Sanitasi Higiene dan Keselamatan Kerja Pada SMK Program Keahlian Tata Boga Di Kota Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Teti Setiawati M.Pd. (2) Lismi Animatul Chisbiyah S.Pd. M.Pd. Kata Kunci persepsi sanitasi higiene dan keselamatan kerja SMK tata boga Mata pelajaran sanitasi higiene dan keselamatan kerja merupakan salah satu mata pelajaran pada program keahlian tata boga sebagai mata pelajaran dasar bidang keahlian.Mata pelajaran sanitasi higiene dan keselamatan kerja penting untuk dipelajari karena setelah pembelajaran siswa diharapkan dapat menerapkan prosedur sanitasi higiene dan keselamatan kerja saat persiapan hingga penyajian makanan pada mata pelajaran produktif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persepsi siswa tentangmata pelajaran sanitasi higiene dan keselamatan kerja ditinjau dari materi pembelajaran manfaat pembelajaran dan implikasi pembelajaran mata pelajaran sanitasi higiene dan keselamatan kerja. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Program Keahlian Tata Boga di Kota Malang yang berjumlah 276 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan batas toleransi 5% sehingga didapatkan jumlah sampel 164 siswa. Penentuan jumlah sampel menggunakanproporsional random sampling. Hasil penelitian adalah (1) persepsi siswa tentang materi pembelajaranSHK2 sangat baik menurut sebagian besar siswa (63%) (2) persepsi siswa tentang manfaat pembelajaran SHK2 sangat baik menurut sebagian besar siswa (66%) (3) persepsi siswa tentang implikasi pembelajaran SHK2 sangat baik menurut sebagian besar siswa (76%) dan (4) secara keseluruhan persepsi siswa tentang mata pelajaran sanitasi higiene dan keselamatan kerja sangat baik menurut sebagian besar siswa (68%).Berdasarkan penelitian saran yang dapat diberikan adalah bagi sekolah diharapkan dapat memberikan pembekalan khusus kepada siswa mengenai sanitasi higiene dan keselamatan kerja bagi guru dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik sehingga meningkatkan motivasi siswa untuk menerapkan sanitasi higiene dan keselamatan kerja bagi siswa dapat lebih mampu menerapkan prinsip-prinsip sanitasi higiene dan keselamatan kerja pada mata pelajaran produktif dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat lebih memfokuskan penelitian pada perilaku sanitasi higiene dan keselamatan kerja siswa saat praktik pengolahan makanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48359

Actions (login required)

View Item View Item