Triastuti, Adinda Resharnani (2016) Implementasi pembelajaran mata pelajaran prakarya dan kewirahusahaan berdasarkan kurikulum 2013 (studi kasus pada paket keahlian jasa boga SMKN 2 Malang) / Adinda Resharnani Triastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Triastuti AdindaResharnani. 2016. ImplementasiPembelajaran Mata PelajaranPrakaryadanKewirausahaanBerdasarkanKurikulum 2013.Skripsi JurusanTeknologiIndustri FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Dr.DwiAgusSudjimat S.T. M.Pd (II)LismiAnimatulChisbiyah S.Pd M.Pd Kata Kunci implementasi kurikulum 2013 prakaryadankewirausahaan Fokuspenelitianiniuntukmengetahui (1) kebijakansekolah (2) pelaksanaanpembelajaran (3) kendaladalampelaksanaanpembelajaran dan (4) pemecahanmasalahataskendaladalampelaksanaanpembelajaranmatapelajaranPrakaryadanKewirausahaanberdasarkanKurikulum 2013 di SMKN 2 Malang. Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatifdenganjenispenelitianstudikasus.Informanpadapenelitianiniadalah guru matapelajaranPrakaryadanKewirausahaan.Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahobservasi wawancara dandokumentasi.Lokasipenelitianadalah SMKN 2 Malang yang beralamat di Jalan Veteran No. 17 Kota Malang.Pengecekankeabsahantemuandilakukandenganmenggunakantekniktriangulasi. Hasiltemuandaripenelitianini (1) pemilihanbidangyang dilaksanakanpadalingkupmateridanpembelajaranmatapelajaranPrakaryadanKewirausahaantidaksesuaidengankebijakanpadaDirektoratPembinaanSekolahMenengahKejuruan (2) perencanaanpembelajarandisusundandilaksanakansesuaipendekatansaintifikpadaKurikulum 2013yang terterapadaPermendikbudNomor 65 Tahun 2013 pembelajaran yang dilaksanakansesuaidenganketentuanpadaPermendikbudNomor 105 Tahun 2014 pelaksanaanpenilaiantidaksesuaidenganPeraturanMenteriPendidikandanKebudayaanRepublik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 (3)kendala yang dialamipadapembelajaranmeliputiketerbatasanwaktubelajar dikelas pengembanganmaterioleh guru danpenilaian yang dilaksanakanpadapembelajaran (4) upaya guru dalammengembangkanmateripembelajaransesuaidenganPeraturanMenteriPendidikandanKebudayaanRepublik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 strategi guru dalammengatasipelaksanaanpenilaianpadakegiatanpraktikumtidaksesuaidenganPeraturanMenteriPendidikandanKebudayaanNomor 104 Tahun 2014. Berdasarkanhasiltemuanpenelitian makadisarankanuntuksekolahmeningkatkanstrategidalampelaksanaanpembelajaran agar sesuaidenganPeraturanMenteriPendidikandanKebudayaanRepublik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentangStandar Proses PendidikanDasardanMenengah sedangkanuntuk guru diharapkandapatmeningkatkanstrategidalampelaksanaanpenilaian agar sesuaidenganPeraturanMenteriPendidikandanKebudayaanRepublik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 tentangStandarPenilaianPendidikan. BagipenelitiselanjutnyadisarankanuntukmenelitipengembanganjiwakewirausahaanpadapesertadidikdalampembelajaranmatapelajaranPrakaryadanKewirausahaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/48358 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |