Nurcahyani, Istiana (2016) Efektivitas teknik relaksasi dalam konseling kelompok behavioral untuk menurunkan stres belajar siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Istiana Nurcahyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nurcahyani Istiana. 2015. Efektivitas Teknik Relaksasi dalam Konseling Kelompok Behavioral untuk Menurunkan Stres Belajar Siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Lutfi Fauzan M.Pd (2) Dr. H. Adi Atmoko M.Si. Kata Kunci Stres belajar konseling kelompok behavioral relaksasi Beberapa siswa kelas X di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang memperlihatkan perilaku yang tidak tepat antara lain mengalami gejala fisik seperti gemetaran jantung berdebar cepat kepala terasa berat berkeringat dingin. Gejala psikologis seperti pikiran negatif kacau dan emosi seperti menangis tanpa sebab kesal. Perilaku tidak tepat tersebut merupakan gejala stres belajar sebagai reaksi dari tuntutan yang ada. Apabila dibiarkan maka tidak menutup kemungkinan akan timbul stres yang akut sehingga menyebabkan proses belajar terganggu. Oleh karena itu diperlukan penanganan yang tepat. Salah satu cara untuk menangani masalah tersebut adalah dengan menggunakan teknik relaksasi. Teknik relaksasi merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk menurunkan stres agar keadaan seseorang berada dalam keadaan tenang dan rileks dalam menghadapi tekanan di sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas relaksasi dalam konseling kelompok behavioral untuk menurunkan stres belajar siswa SMA. Rancangan penelitian menggunakan design one-group pretest-posttest. Pengukuran pretest dan posttest menggunakan instrumen stres belajar yang dikembangkan dari berbagai teori stres oleh Hans Selye (1976) Lazarus dan Folkman (1984). Reliabilitas instrumen stres belajar yang digunakan dalam penelitian ini adalah 0.898 dan validitas per butir 0.3. Subjek penelitian adalah siswa SMA kelas X yang berjumlah 5 orang yang menunjukkan tingkat stres belajar yang sangat tinggi. Treatment dilakukan selama enam pertemuan. Treatment dimulai pada bulan September dan berakhir pada bulan Oktober. Data dianalisis dengan statistik non parametric uji beda wilcoxon. Hasil analisis menunjukkan nilai Z hitung lebih besar dari Z table (-2 032) dan taraf signifikansi 0.042 0.05 yang berarti teknik relaksasi efektif untuk menurunkan stres belajar siswa SMA. Berdasarkan hasil penelitian disarankan pada 1) konselor hendaknya menggunakan teknik relaksasi untuk menurunkan stres belajar siswa dan konselor hendaknya mendapatkan pelatihan penggunaan teknik relaksasi 2) peneliti selanjutnya hendaknya melakukan penelitian subjek dalam skala besar menggunakan variabel teknik relaksasi jenis lainnya dan follow up setelah posttest untuk mengetahui keajegan hasil penelitian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Feb 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/48350 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |