Pengaruh model NHT dan model STAD berbantuan komputer terhadap prestasi belajar tata hidang siswa kelas XI jasa boga di SMK Kartika IV-1 Malang / Anes Dwi Agustyaningsih

Agustyaningsih, Anes Dwi (2015) Pengaruh model NHT dan model STAD berbantuan komputer terhadap prestasi belajar tata hidang siswa kelas XI jasa boga di SMK Kartika IV-1 Malang / Anes Dwi Agustyaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dwi, Agustyaningsih, Anes. 2015. Pengaruh Model NHT dan Model STAD Berbantuan Komputer Terhadap Prestasi Belajar Tata Hidang Siswa Kelas XI Jasa Boga di SMK Kartika IV-1 Malang. Skripsi. S1 Pendidikan Tata Boga. Jurusan Teknologi Industri. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: 1) Dr. Dra. Mazarina Devi, M.Si., 2) Drs. Setiadi Cahyono Putro, M.Pd., M.T. Kata Kunci: Model pembelajaran, NHT, STAD, Hasil Belajar Penggunaan media digunakan dalam pembelajaran akan lebih efektif jika dipadukan dengan model pembelajaran yang memiliki kesamaan karakteristik dengan pembelajaran Tata Hidang, diantaranya Numbered Head Together (NHT) dan Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) Deskripsi prestasi belajar dengan menggunakan model pembelajaran NHT berbantuan komputer; (2) Deskripsi prestasi belajar dengan menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan komputer; dan (3) Perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan NHT dan STAD berbantuan komputer. Metode penelitian yang digunakan adalah control-group posttest only design. Penelitian dilaksanakan pada kompetensi dasar menentukan pelayanan makan dan minum di SMK Kartika IV-1 Malang. Subjek penelitian yang digunakan adalah kelas XIA2 atau variabel YX1 yang diajar dengan model NHT berbantuan komputer, sedangkan kelas XIA1 atau variabel YX2 yang diajar dengan model STAD berbantuan komputer. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif digunakan untuk melihat peningkatan hasil belajar dan uji t untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan dari hasil pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) YX1 memiliki rerata sebesar 91,28 dan 52,38% siswa memiliki nilai tinggi; (2) YX2 memiliki rerata sebesar 90,85 dan 55% siswa memiliki nilai sedang; (3) YX1 dan YX2 tidak memiliki perbedaan prestasi belajar. Kesimpulan dari penelitian adalah YX1 memiliki rerata yang lebih tinggi dibandingkan dengan YX2 pada pembelajaran Tata Hidang. Pada pembelajaran Tata Hidang peningkatan hasil belajar terindikasi karena adanya penerapan pembelajaran berbantuan komputer. Penggunaan model pembelajaran yang dikolaborasi dengan media berbantuan komputer mampu mereduksi kelemahan yang terdapat pada model pembelajaran, sehingga prestasi pembelajaran siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48334

Actions (login required)

View Item View Item