Sopamena, Tyas Shanna Asterina (2015) Implementasi penilaian otentik pada pembelajaran dasar Program Keahlian Tata Boga berdasarkan kurikulum 2013 (studi kasus di kelas X SMK Negeri 2 Malang) / Tyas Shanna Asterina Sopamena. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sopamena Tyas Shanna Asterina. 2015. Implementasi Penilaian Otentik pada Pembelajaran Dasar Program Keahlian Tata Boga Berdasarkan Kurikulum 2013 (Studi Kasus di kelas X SMK Negeri 2 Malang). Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Dwi Agus Sudjimat S.T. M.Pd (II) Dra. Teti Setiawati M.Pd. Kata Kunci penilaian otentik pembelajaran kurikulum 2013 Salah satu elemen perubahan Kurikulum 2013 adalah pada standar penilaian. Standar penilaian pada Kurikulum 2013 menggunakan penilaian otentik. Penilaian otentik adalah kegiatan penilaian yang menekankan pada apa yang seharusnya dinilai baik proses maupun hasil dengan berbagai instrumen penilaian. Penilaian otentik pada kurikulum 2013 mempertegas adanya pergeseran dalam melakukan penilaian yakni dari penilaian melalui tes (mengukur kompetensi pengetahuan berdasarkan hasil saja) menuju penilaian otentik (mengukur kompetensi sikap keterampilan dan pengetahuan berdasarkan proses dan hasil). Peserta didik dalam penilaian otentik diminta untuk menerapkan konsep atau teori pada dunia nyata Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) perencanaan penilaian otentik pada Pembelajaran Dasar Program Keahlian Tata Boga di kelas X SMK Negeri 2 Malang (2) pelaksanaan penilaian otentik pada Pembelajaran Dasar Program Keahlian Tata Boga di kelas X SMK Negeri 2 Malang dan (3) kendala yang dialami dalam penilaian otentik pada Pembelajaran Dasar Program Keahlian Tata Boga di kelas X SMK Negeri 2 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara observasi dan dokumen. Keabsahan data didukung oleh kegiatan perpanjangan pengamatan triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa guru Program Keahlian Tata Boga di kelas X SMK Negeri 2 Malang telah melakukan perencanaan penilaian secara otentik dalam bentuk RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) sesuai dengan Peraturan Menteri Nomor 66 Tahun 2013. Pelaksanaan penilaian pada pembelajaran telah dilakukan guru secara otentik dilihat dari intrumen yang digunakan pada saat pembelajaran berlangsung sesuai dengan Peraturan Menteri Nomor 81A Tahun 2013. Kendala yang dihadapi dalam implementasi penilaian otentik oleh guru Program Keahlian Tata Boga di kelas X SMK Negeri 2 Malang yaitu berkaitan dengan waktu untuk penyesuaian terhadap penerapan kurikulum 2013 yang masih baru kurang kesesuaian antara perencanaan dan pelaksanaan penilaian kondisi lingkungan dan peserta didik yang mempengaruhi proses penilaian keterbatasan waktu yang dimiliki dan terkendala sistem.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/48332 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |