Pengembangan modul KBK untuk mata pelajaran menerapkan keselamatan, kesehatan, kerja (K3) dan hygiene sanitasi kelas X SMK Budi Utomo Kepanjen / Febristiani Prapta Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul KBK untuk mata pelajaran menerapkan keselamatan, kesehatan, kerja (K3) dan hygiene sanitasi kelas X SMK Budi Utomo Kepanjen / Febristiani Prapta Putri

Putri, Febristiani Prapta (2015) Pengembangan modul KBK untuk mata pelajaran menerapkan keselamatan, kesehatan, kerja (K3) dan hygiene sanitasi kelas X SMK Budi Utomo Kepanjen / Febristiani Prapta Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri FebristianiPrapta. 2015. PengembanganModul KBK untuk Mata PelajaranMenerapkanKeselamatan KesehatanKerja (K3) dan Hygiene SanitasiKelas X SMK Budi UtomoKepanjen. Skripsi Program Studi Pendidikan Tata Boga Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing I Dr. H. Amat Nyoto M.Pd. Pembimbing II Laili Hidayati S.Pd M.Si Kata kunci pengembanganmodul K3 danhygiene sanitasi tata boga Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui hasil pengembangan modul pembelajaran mata pelajaran Menerapkan Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) dan Hygiene Sanitasi program keahlian Tata boga menguji coba modul dengan memperhatikan tingkat kemudahan/keterbacaan mendapatkan data kemenarikan modul dan mendapatkan data keefektifan modul. Penelitian ini menggunakan langkah-langkah yang dikemukakan oleh Sugiyono meliputi 1) Potensi dan masalah 2) Pengumpulan data 3) Desain modul 4) Validasi modul 5) revisi modul 1 6) Uji coba modul 7) Revisi modul 2 dan 8) Penyempurnaan modul. Validasi modul dilakukan 3 kali yaitu validasi ahli pengembangan media validasi ahli materi dan validasi bahasa Indonesia. Uji coba modul dilakukan pada siswa kelas X Tata Boga sebanyak 12 siswa. Instrumen pengumpulan data berupa form penilaian dan wawancara bebas. Berdasarkan hasil validasi ahli pengembangan media diperoleh total skor 84% dengan kualifikasi layak diimplementasikan. Hasil validasi ahli materi oleh dosen mendapatkan total skor 75% dengan kualifikasi layak diimplementasikan. Hasil validasi ahli materi oleh guru memperoleh total skor 87% dengan kualifikasi sangatlayak diimplementasikan. Hasil validasi ahli bahasa Indonesia memperoleh total skor 100% dengan kualifikasi sangat layak diimplementasikan. Uji coba modul pada siswa mendapatkan total skor 90% dengan kualifikasi sangat layak diimplementasikan. Pada penilaian tingkat kemudahan/keterbacaan modul diperoleh total skor 90% dengan kualifikasi sangat layak dan dapat diimplementasikan. Penilaian tingkat kemudahan/keterbacaan modul mendapatkan total skor 82% dengan kualifikasi sangat layak dan dapat diimplementasikan. Pada penilaian tingkat kemenarikan modul oleh ahli media memperoleh skor 78% dengan kualifikasi layak diimplementasikan. Hasil analisis penilaian tingkat kemenarikan modul oleh siswa diperoleh skor 90% dengan kualifikasi sangat layak diimplementasikan. Penilaian tingkat keefektifan modul diperoleh dari pelaksanaan tes tertulis kepada siswa. Nilai rata-rata kelas sebelum membaca modul memperoleh angka 70 83 sesudah membaca modul memperoleh nilai rata-rata 81 3. Hal ini menunjukkan hasil yang positif karena mengalami peningkatan antara sebelum dan sesudah membaca modul. Kesimpulan hasil penelitian pengembangan modul pembelajaran Menerapkan Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) dan Hygiene Sanitasiyaitu hasil uji menunjukkan modul valid dan cukup valid sehingga dapat diimplementasikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48331

Actions (login required)

View Item View Item