Hubungan pola konsumsi dengan status gizi balita di Desa Nguter Kabupaten Lumajang / Devi Hervianthi - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan pola konsumsi dengan status gizi balita di Desa Nguter Kabupaten Lumajang / Devi Hervianthi

Hervianthi, Devi (2015) Hubungan pola konsumsi dengan status gizi balita di Desa Nguter Kabupaten Lumajang / Devi Hervianthi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hervianthi Devi. 2014. Hubungan Pola Konsumsi Dengan Status Gizi BalitaDi Desa Nguter Kabupaten Lumajang. Skripsi. Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Amat Nyoto M.Pd (II) Dr. Dra. Mazarina Devi M.Si. Kata Kunci Ibu Balita Pola Konsumsi Status Gizi Masalah gizi yang terjadi pada saat ini akan menimbulkan masalah di masa yang akan datang. Pola konsumsi merupakan faktor utama untuk memenuhi kebutuhan gizi. Kurangnya pengetahuan dan keterlambatan pelayanan gizi mengakibatkan banyaknya balita kekurangan gizi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan pola konsumsi dengan status gizi balita di desa Nguter Kabupaten Lumajang. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan rancangan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah balita dalam keadaan kekurangan gizi dan kelebihan gizi umur 24-60 bulan yang berada di desa Nguter Kabupaten Lumajang. Analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis hubungan antara variabel penelitian adalah analisis Rank Spearman. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh data pola konsumi energi sedang (80%-90%). Diketahui bahwa sebanyak 61 7% balita di Desa Nguter Kabupaten Lumajang memiliki status gizi baik. Sebanyak 14 9% memiliki status gizi kurang. Sebanyak 12 6% memiliki status gizi lebih dan 10 6% memiliki status gizi buruk. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0 909 dengan p 0 000 pada taraf signifikan 0 05. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan sangat signifikan antara pola konsumsi dengan status gizi balita di Desa Nguter Kabupaten Lumajang. Saran penelitian ini yaitu berharap ibu balita mampu memperbaiki pola konsumsi balita agar status gizi balitanya sesuai dengan AKG. Apabila balitanya sudah mengalami masalah gizi harus memperhatikan himbauan dari penyuluh gizi dan melaksanakan dengan baik apa yang disarankan oleh penyuluh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48321

Actions (login required)

View Item View Item