Fasilitas belajar yang diberikan orang tua untuk mendukung proses belajar anak usia dini di rumah (studi kasus di PAUD ABA Brotonegaran Ponorogo) / Mahendra Agung Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Fasilitas belajar yang diberikan orang tua untuk mendukung proses belajar anak usia dini di rumah (studi kasus di PAUD ABA Brotonegaran Ponorogo) / Mahendra Agung Wijaya

Wijaya, Mahendra Agung (2010) Fasilitas belajar yang diberikan orang tua untuk mendukung proses belajar anak usia dini di rumah (studi kasus di PAUD ABA Brotonegaran Ponorogo) / Mahendra Agung Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Fasilitas balajar Proses Belajar Anak Usia Dini Pelaksanaan kegiatan belajar banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhinya baik faktor yang dapat mendukung keberhasilan kegiatan belajar ataupun menghambat proses belajar yang sedang dilaksanakan. Salah satu faktor yang dapat mendukung kegiatan belajar sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal adalah fasilitas belajar. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fasilitas belajar yang diberikan orang tua pada anak usia dini di rumah. Sedangkan secara khusus untuk mengetahui bagaimana pemahaman orang tua tentang fasilitas belajar anak usia dini di rumah untuk mengetahui apa saja fasilitas belajar yang dimiliki anak usia dini di rumah dan untuk mengetahui pemanfaatan fasilitas belajar yang dimilki anak usia dini di rumah. Metode peneltian yang digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian orang tua peserta didik PAUD ABA memiliki pemahaman yang berbeda tentang fasilitas belajar dan belum seluruhnya orang tua memiliki pemahaman yang luas tentang fasilitas belajar untuk anak usia dini. Fasilitas yang dimiliki oleh anak didik PAUD ABA di rumah seperti pensil warna buku cerita buku gambar meja belajar papan tulis VCD dan berbagai alat permainan disesuaikan dengan pemahaman orang tua terhadap fasilitas belajar serta kondisi ekonomi keluarga. Fasilitas belajar sudah dimanfaatkan dengan baik tetapi peran dari ibu lebih dominan dari pada ayah. Dari hasil pembahasan penliti memberikan beberapa saran yaitu kepada Lembaga PAUD ABA Brotonegaran Ponorogo dengan tidak dimilikinya pemahaman tentang fasilitas belajar yang luas oleh sebagian orang tua peserta didik PAUD ABA Brotonegaran Ponorogo maka diharapkan lembaga PAUD ABA Brotonegaran Ponorogo dapat memberikan sosialisasi tentang fasilitas belajar yang sesuai dengan kebutuhan belajar anak kepada orang tua. Bagi orang tua peserta didik PAUD ABA Brotonegaran Ponorogo dengan tidak dimilikinya pemahaman tentang fasilitas belajar yang luas oleh sebagian orang tua peserta didik PAUD ABA Brotonegaran Ponorogo dalam proses belajar anak di rumah maka diharapkan para orang tua dapat menambah pengetahuan tentang fasilitas belajar melalui berbagai kegiatan seperti seminar pelatihan workshop dan lainlain. Dengan kurangnya peran serta dari orang tua dalam proses belajar anak di rumah diharapkan orang tua dapat meluangkan waktu untuk mendampingi atau memberikan perhatiannya dalam proses belajar anak di rumah. Bagi peneliti selanjutnya dengan hasil penelitian ini maka perlu diadakan penelitian lanjutan apakah pemahaman orang tua kelengkapan dan pemanfaatan terhadap fasilitas belajar dapat mempengaruhi prestasi belajar anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4832

Actions (login required)

View Item View Item