Penerapan model pembelajaran mind mapping (peta pikiran) untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi pada mata pelajaran ilmu gizi (siswa-siswi SMK Negeri 3 Malang) / Repita Nuragsi Pandanwangi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran mind mapping (peta pikiran) untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi pada mata pelajaran ilmu gizi (siswa-siswi SMK Negeri 3 Malang) / Repita Nuragsi Pandanwangi

Pandanwangi, Repita Nuragsi (2015) Penerapan model pembelajaran mind mapping (peta pikiran) untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi pada mata pelajaran ilmu gizi (siswa-siswi SMK Negeri 3 Malang) / Repita Nuragsi Pandanwangi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandanwangi Repita Nuragsi. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi pada Mata Pelajaran Ilmu Gizi (Siswa-Siswi SMK Negeri 3 Malang). Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Aisyah Larasati Ph. D. (II) Dr. H. Ahmad Dardiri M.Pd. Kata kunci kemampuan berkomunikasi mind mapping 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa-siswi SMK Negeri 3 Malang dengan jenis penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. Sumber data berasal dari wawancara guru aktivitas pembelajaran dan kuesioner. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan berkomunikasi siswa sebelum penerapan Mind Mapping (2) untuk mengetahui kemampuan berkomunikasi siswa sesudah penerapan Mind Mapping (3) untuk mengetahui peningkatan kemampuan berkomunikasi siswa setelah penerapan Mind Mapping. 12288 12288 12288 Hasil penelitian yang diperoleh sebelum penerapan menunjukkan bahwa siswa kurang mampu dalam berkomunikasi. Hasil penelitian setelah penerapan menunjukkan peningkatan dalam berkomunikasi. Peningkatan kemampuan berkomunikasi siswa dalam mata pelajaran Ilmu Gizi berdasarkan aspek pengungkapan sebesar 12 17% aspek kebahasaan sebesar 15 46% dan aspek kecaraan sebesar 16 89%. Nilai akhir kemampuan komunikasi siswa pada siklus I diperoleh persentase sebesar 57 8% siklus II diperoleh persentase sebesar 64 77% dan siklus III diperoleh persentase sebesar 74 9%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48302

Actions (login required)

View Item View Item