Penyelenggaraan program-program pendidikan luar sekolah di PT Dok dan Perkapalan Surabaya oleh Nur Tsuroyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penyelenggaraan program-program pendidikan luar sekolah di PT Dok dan Perkapalan Surabaya oleh Nur Tsuroyah

Tsuroyah, Nur (2010) Penyelenggaraan program-program pendidikan luar sekolah di PT Dok dan Perkapalan Surabaya oleh Nur Tsuroyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nur Tsuroyah 2003. Penyelenggaraan Program-Program Pendidikan Luar sekolah di pT Dok o o riit p lan Surabaya. S kripsi.J urusanP endidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang PembimbinglDrs-H.M.A.Prawoto M Pd PembimbingIlDrs Achmad RosyadM .Pd. KataK unci pengembangasnu mberd ayam anusiap rogramp endidikanlu ar sekolah perusahaan. Dalam rangka meningkatkan pendidikan dan kemampuan karyawaq PT Dok dan Perkapalan Surabaya menyelenggarakan pendidikan untuk karyawanny4 baik d i jalur pendiditu setotatihaupun melalui jatur pendidikan luar sekolah penelitianin i aiututan untuk mengetahuis alahs atujenis penyelenggaranpnr ogram pendidikany aitu programp endidikanl uar sefol-ah Tujuan a-i p netitiu ini adalah mendeskripsikal lelVglelCBuyl programprogram penaloftan luar sekolalq antara lain adalah jenis-jenis tujuan analisis i..Uitrrtti sasararLw aktu kurikulum metode m ediad an evaluasi Rancanganp n titi- ini adalahd eskriptif denganp endekatans.u rvei. sumber data aUam perietiti i adalah 157 karyawan dan kepala bagi11 pembinaan dan p.ng rribung sumber daya manusia. Sampel penelitian ini adalah dengan nre igamUliO% danjumlah seturuh populasi 773 karyawan Adapun pengambilan data dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakana dalahp ersentase. hasil penelitlan ini menunjukkanb ahwa penyelenggarap rogram pendidikanl uar sekolahd i perusahaana dalah dari pihak perusahaans endiri (in house) lembaga pendidikani uar sekolah/ lembaga lain diluar perusahaan( ekstern) dan ke asama antara perusahaan dengan lembaga pendidikan luar sekolahflembaga lain yang menyetenggarakapn nodit luar sekolah.M engenaia nggarand anaa taub iaya yang aitutur an dalam penyelenggaraanp rogBm pendidikan sepenuhnyad itanggung oleh perusahaao. puau ttyu jenis program pendidikan luar sekolah yang drselenggarakana dalah pelatihan keterampilan/skill pelatihan manajerial kursus tomputE kursusb ahasaln ggrtt dan penyetaraanij asah setingkatS LTP/SMU. Yang terbanyak diikuti oleh karyawana dalahj enis program peny taraanij asah setingkat SLTP/SMU. Adapun cara menganalisis/mengidentifikasi kebutuhan program pendidikan1 u6rs ekolaha dalahd enganm elalui rapatd ireksib ersamad engank epala firo dan kepala bagian pembinaand an pengembangans umber daYam anusia dan berasadl aril nformasi/masukamn elalui masing-masinkge palab agiar/unitk erja dan disaring kernbali rnenjadi beberapa kebutuhan yang disesuaikan atau lebih Jit.(uniun pada kebui.han dan kepentingan perusahaanS. asaran-progtamp ada umumnya beitatu untuk seluruh karyawan baik karyawan lama atau baru dan tidak memandang dari tingkat pendidikan tinggi atau rendah usia tua maupun muda lll pangkatg olongan tinggi atau rendah tetapi yang mempunyai penplaman kerja paling sedikit satu tahun. Dalam penyusunan kurikulum disesuaikan dengan jerus ptog n1y ang diselenggarakand an disesuaikanp ula dengank ebutuhanp erusahaan Wattunumap rosesp elaksanaanp rogram nta-rala dilaksanakans elamat iga hari dan periode pendidikan yang diikuti oleh karyawan adalah sebanyak satu kali. Pada umumnyam etodey ang digunakana dalahm etodes eminard an diskusi padap elatihan manajerials istemm odul padap enyetaraanij asahs etingkatS LTP/SMU ceramahd an demonstraspia dak ursus.D itinjau dari media prog mp endidikanl uar sekolahb ahwa padau mumnyam edia yang digunakanp adap enyetaraanij asah setingkatS LTPiSMU adalahb ulru/moduld an papant ulis kursus menggunakank asetv ideo dan komputer dan khusus untuk pelatihan keterampilan/skill selalu menggunakan alat las. Kemudiane valuasip rogpm dilahrkan setelaha taud iakhir penyelenggaraanp roglam pendidikan dan berhtuan untuk menilai hasil yang dicapai s telah program dilaksanakarUP elaksanae valuasi adalah peserta dengan teknik evaluasi peserta membuat laporan hasil program yang diikuti dan melakukan presentasi serta cara mengevalusi adalah dengan melalui pengisian blangko evaluasi yang diberikan kepadap esertap rogram. Berdasarkante muan-temuanp eirelitian d isarankan ( 1) kepadap ihak perusahaan dapat melibatkan/bekerjasamad engan lembaga pendidikan luar sekolah dalam menyelenggarakapnr ogram-programp ndidilsn luar sekolah (2) Kepada pihak perusahaand iharapkand apat memberikan kesempatank epada mahasiswaj urusan pendidikan tuar sekolah yang lu4 guna menindaklanjufi dan mengembangkan peneltian yang sejenis dengan peneliti (3) kepada praktisi pendidikan luar sekolah sebagai lembaga pendidikan dapat memberikan suatu layanan pendidikan bagi karyawanp erusahaans erta lebih meningkatkank epekaant erhadapm asalah-masalah pendidikan luar sekolah dan tertarik untuk ikut serta dalam menangani masalah tersebut (4) kepada mahasiswa jurusan pendidikan luar sekolah dapat menindak lanjuti dan pengembangkanp enelitian sejenisd i perusahaany ang sama maupund i perusahaayna ng lain yang memiliki biro atau bagtanp embinaand an pengembangan sumber daya manusia. IV

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4828

Actions (login required)

View Item View Item