Pengembangan media pembelajaran berbasis presentasi dengan menggunakan prezi desktop pada mata pelajaran sanitasi, hygiene dan keselamatan kerja di SMKN 2 Boyolangu / Yulia Nurul Imamah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis presentasi dengan menggunakan prezi desktop pada mata pelajaran sanitasi, hygiene dan keselamatan kerja di SMKN 2 Boyolangu / Yulia Nurul Imamah

Imamah, Yulia Nurul (2014) Pengembangan media pembelajaran berbasis presentasi dengan menggunakan prezi desktop pada mata pelajaran sanitasi, hygiene dan keselamatan kerja di SMKN 2 Boyolangu / Yulia Nurul Imamah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Imamah Yulia Nurul. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Presentasi Dengan Menggunakan Prezi Desktop Pada Mata Pelajaran Sanitasi Hygiene dan Keselamatan Kerja di SMKN 2 Boyolangu. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Aisyah Larasati Ph.D. (II) Lismi Animatul Chisbiyah S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Prezi Desktop Sanitasi Hygiene dan Keselamatan Kerja. 12288 12288 12288 12288 Penelitan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis presentasi dengan menggunakan prezi desktop pada mata pelajaran Sanitasi Hygiene dan Keselamatan Kerja di SMKN 2 Boyolangu dan mengetahui kelayakannya. Media Pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari materi bahan pembersih dan kecelakaan kerja. Pengembangan media pembelajaran prezi desktop diharapkan dapat membantu guru dalam menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar dengan baik dan dapat membantu siswa memahami materi pelajaran yang telah disampaikan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg Gall yang menggunakan 10 tahapan yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal (2) perencanaan (3) pengembangan format produk awal (4) uji coba awal (5) revisi produk (6) uji coba lapangan (7) revisi produk (8) uji lapangan (9) revisi produk akhir dan (10) diseminasi. Uji lapangan dilaksanakan oleh siswa kelas X Tata Boga. Pemilihan sampel uji lapangan menggunakan purposive sampling. Proses validasi dilaksanakan oleh validator ahli materi ahli media dan ahli bahasa. Validasi ahli ditujukan untuk mengukur kelayakan media yang dikembangkan. Validasi menggunakan kuesioner dengan skala likert. Hasil analisa digunakan untuk menentukan kelayakan media sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan didapat persentase hasil validasi ahli media sebesar 96 25% ahli bahasa sebesar 82 5% dan ahli materi 94 64%. Hasil uji coba lapangan 90 7% dan uji lapangan 94 85%. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil uji coba sudah memenuhi kriteria valid dan secara keseluruhan dinyatakan layak serta dapat diimplementasikan dalam pembelajaran pada mata pelajaran Sanitasi Hygiene dan Keselamatan Kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48270

Actions (login required)

View Item View Item