Studi tentang penyelenggaraan program belajar pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang difaslitasi oleh tenaga lapangan dikmas (TLD) diKabupaten Blitar oleh A. Yusin Yuniardi - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang penyelenggaraan program belajar pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang difaslitasi oleh tenaga lapangan dikmas (TLD) diKabupaten Blitar oleh A. Yusin Yuniardi

Yuniardi, A. Yusin (2010) Studi tentang penyelenggaraan program belajar pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang difaslitasi oleh tenaga lapangan dikmas (TLD) diKabupaten Blitar oleh A. Yusin Yuniardi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) merupakan benfirk Pendidikan Luar Sekolahs ebagaia ltematif pendidikan sekolah demi mencerdaskank ehidupan bangsa. untuki tu hendaknyam asyarakatta hu yang pada akhimya mampum embuatle mbagan on formasl endirui ntukm enghasilkasnu mberd ayam anusiay angb erkualiatas. Penelitiani ni berusahau ntuk mengungkapkul mendeskripsikanp enyelenggaraan progam belajar pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang difasilitasi oleh TenagaL apanganD ihnas (TLD). Metode yang digunakand alan penelitiani ni adalah penelitiaknu alitatifl Sebagi informana dalahT enagaL apanganD ilsnas itu sendiri p enilik PLS dan warga belajar PKBM Pengumpuland ata menggunakante knik wawancara observaslai ngsung dan dokumentasiS. edangkanp engecekank eabsahand ata dilalcukan denganc ara kelekunan pengamatant r iangulasi kecukupanr eferensi dan pengecekan anggota. LangkahJangkadha lamm enggalik ebutuhanb elajard an sumber-sumbebre lajary angp edu dipeniapkano leh penyelenggaraP KBM antara lain (1.) Mengrdentifikasik ebutuhan belajar (2.) Pendekatan lintas sektoral (3.) Pendekatan terhadap masyarakat. Dalarn menggaldi an memanfaatkans urnber belajar harus mengikuti pedoman pengambilan sumbebr elajar bahwa SumbeBr elajar (SB) memandangW arga belajar (Wb) sebagai sumber yang memiliki nilai dan bermanfaat dalam kegiataq SB membantu Wb melaksanakaKnB M atas dasark ebutuhan S B memotivasWi b SB memposisikand irinya sebagai Wb Saling membelajarkan Menjadi fasilitator r- urifitnqi Wb MengambangkaKne lompok Belajar Mengajar (KBM) dengan mernperhatikanm inat individu S B meningkatkans emangatb erprestaski ompetisi berorientaspi ada kehidupan yang lebih baih Sb mendorong Wb mengembangkank emampuannyam emecahkan masalakhe hidupanL. angkah-langkayha ng digunakano leh TLD dalamm engelolak egiatan belajard i PKBM yaitu PerencanaanP engoreanisasianP e laksanaand an pengendalian yangbalhd an Pengawasan Sarand alam penelitian ini yaitu (1) TLD diharapkand apatm enemukank ebutuhan yang benar-benar dirasakan wb untuk diapalikasikan pada kegiatan belajar di . PKBM. (2) Perlu adanya peningkatan kerjasama dari pihak yang terkait dengan kegiatand i PKBM baik itu instansi pemerintaha taupun swast4.( 3) JurusanP LS diharapkan dapat mengembangkan suatu progrcm yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingand an kemajuank egiatand i PKBM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4827

Actions (login required)

View Item View Item