Studi penyelenggaraan makanan sekolah di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung / Farta Ade Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi penyelenggaraan makanan sekolah di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung / Farta Ade Saputra

Saputra, Farta Ade (2014) Studi penyelenggaraan makanan sekolah di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung / Farta Ade Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Saputra Farta Ade. 2013. Studi Penyelenggaraan Makanan Sekolah di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Rina Rifqie Mariana M.P (II) Dra. Rini Sudjarwati M.Pd. Kata Kunci Penyelenggaraan Makanan Sekolah SMP Islam Al Azhaar Tulungagung. Penyelenggaraan Makanan Sekolah (PMS) merupakan kegiatan penyediaan makan untuk peserta didik di sekolah. Kegiatan PMS salah satunya dilakukan secara otonomi oleh SMP Islam Al Azhaar Tulungagung. Belakangan ini disadari bahwa kegiatan tersebut dapat menjadi solusi masalah nasional jajanan anak sekolah yang kurang aman dan sehat namun belum adanya informasi secara jelas tentang tahapan penyelenggaraannya. Berkaitan dengan itu diperlukan pembahasan mengenai Penyelenggaraan Makanan Sekolah tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup perencanaan dalam Penyelenggaraan Makanan Sekolah pelaksanaan Penyelenggaraan Makanan Sekolah dan evaluasi yang dilakukan dalam Penyelenggaraan Makanan Sekolah. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara observasi dan dokumentasi.Untuk menjaga keabsahan data dilakukan konfirmasi data kepada Kepala PMS selaku penanggung jawab PMS. Kegiatan analisis data dimuali dari melakukan reduction display dan verification. Berdasarkan analisis data tersebut diketahui (1) persiapan PMS di SMP Islam Al Azhaar meliputi persiapan sarana prasarana persiapan tim pengelola dan anggaran dana. (2) Kegiatan PMS di SMP Islam Al Azhaar dimulai dari perencanaan menu yang dirancang oleh Ahli Gizi berdasarkan AKG rata-rata siswa pengadaan bahan dilakukan melalui rekanan pasar pengolahan makanan tanpa BTP dan distribusi makanan dengan sistem buffet. (3) Evaluasi dilakukan setahun sekali terhadap segala faktor yang menghambat dan PMS memiliki dampak positif terhadap siswa yaitu pembelajaran adab makan yang baik menghemat uang saku dan mengkonsumsi makanan yang sehat dan beragam. Saran yang dapat disampaikan adalah (1) Bagi mahasiswa menjadikan laporan ini sebagai sumber pembelajaran tentang penyelenggaraan penyediaan makanan untuk anak sekolah. (2) Bagi lembaga pendidikan untuk dapat melaksanakan program sejenis untuk meningkatkan SDM bangsa sejak masa anak-anak (3) Peneliti selanjutnya supaya melakukan penelitian tentang kesesuaian gizi dan kalori antara makanan yang disajikan PMS dengan kebutuhan gizi dan kalori peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48262

Actions (login required)

View Item View Item