Hubungan komponen sistem pendidikan dengan kepuasan peserta didik lembaga kursus bahasa: studi di Lembaga Pendidikan Bahasa Inggris "Mahesa Institute" Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri oleh M. Komarudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan komponen sistem pendidikan dengan kepuasan peserta didik lembaga kursus bahasa: studi di Lembaga Pendidikan Bahasa Inggris "Mahesa Institute" Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri oleh M. Komarudin

Komarudin, M. (2010) Hubungan komponen sistem pendidikan dengan kepuasan peserta didik lembaga kursus bahasa: studi di Lembaga Pendidikan Bahasa Inggris "Mahesa Institute" Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri oleh M. Komarudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keberhasilan program pendidikan dan pelatihan sebagai suatu sistem banyak tergantung pada faktor berfungsi-tidal ya komponen-komponend alam penyelenggaraapne ndidikany ang ada. Komponent ersebutt erdiri atas komponen raw inpat instrumentali nput enviranmentailn put other input process d an outpttt. Secarau mum k eberhasilanle mbagap endidikand an pelatihant ermasukd idalamnya lembaga kursus diukur dari keberhasilannya dalam memberikan pelayanan pendidikany ang baik dan memuaskans ehinggad apatm embantup esertad idiknya unhrk menguasasi eperangkakte mampuand an keahliand ibidangt ertentu K epuasan adalah merupakan tujuan akhir dan harapan yang ingin dicapai oleh peserta didik ketika ia memutuskan untuk belajar di suatu lembaga pendidikan. Kemampuan lembagap endidikand alamm emberikanp elayananb elajard apatm embentukp ersepsi peserta didik dan atau partisipan terhadap lembaga pendidikan yang pada akhirnya akan membenhrkim age (citra) lembagas ertab erpengaruhte rhadapp erkembangan dan kelangsunganle mbagap endidikany ang bersangkutand imasay ang akan datang. Karenak epuasanp esertad idik terhadaple mbagap endidikanm empunyapi erany ang sangapt entingd alamp rosesp embelajaranm akak omponenp endidikany angd imiliki oleh lembagat ersebuth arus senantiasad ikontol dikendalikan d an dioptimalkan fungsinya dalam mendukung proses dan hasil pembelajaran yang bark dan memuaskanb agi semuaf ihak baik pesertad idik partisipan m asyarakast ekitard an lembagap endidikani tu sendiri.P enelitiani ni bertujuanu nhrk mengetahuhi ubungan komponens istemp endidikand engank epuasanp esertad idik LembagaK ursusB ahasa Inggris MahesaI nstrtute Tulungrejo Pare KabupatenK ediri dan seberapab esar kontribusik omponens istemp endidikant erhadapk epuasanp esertad idik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-korelasional. Variabel penelitian terdiri atas enam variabel prediktor yang terdiri atas raw input instrumental input environmental input other input leorning plocess dan outpu sertas atuv ariabelk riterium yaitu kepuasanp esertad idik. Populasip enelitiana dalah seluruh peserta didik Lembaga Pendidikan Bahasa Inggris Mahesa Institute Pare berjumlah 611 orang pada semua level program. Sampel diambil menggunakan te rrtk stratified random sampling dengan jumlah 100r espondenP. engumpuland ata menggunakaonb servasni on partisipatorid an kuisionert ertutup.U ji normalitasd ata menggunakanu ji Kolmogorov-smimovG odnesso f Fit Testt erhadapm asing-masing variabel.D eskripsi data menggunakand iskripsi frekuensi dan persentaseA. nalisis datam enggunakante lrrik analisisr egresil inier bergandaa nalisisk orelasi berganda dan determinasbi ergandaD. an untuk menguji hipotesisd igunakanu ji F dan uji t denganta raf sigrrifikansi5 %. llasil penelitian menunjukkan bahwa (l) terdapat hubungan secara simultqn (serentak) yang sigrrifikan atas komponen sistem pendidikan dengan kepuasanp esertad idik lembagak ursus bahasa ( 2) tidak terdapath ufungan yang sigrifikan antara komponen rqw input dengan kepuasan peserta didik Lembaga Pendidikan Bahasa Inggris Mahesa Institute Pare (3) terdapat hubungan yang signrfikan antara komponen masukan dat (instrumental input) dengan kepuasan pesertad idik LembagaP endidikanB ahasaI nggrs MahesaI nstitute Pare ( 4) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara komponen masukan lingkungan (environmentatln put) dengank epuasanp esertad idik LembagaP endidikdnB ahasa Inggris Mahesa Institute Pare (5) terdapat hubungan yang signifikan antara komponen masukan lain (other input) dengan kepuasan peserta didik Lembaga PendrdikanB ahasaln ggrs Mahesal nstitute Pare ( 6) tidak terdapath ubungany ang signifikana ntarak omponenp rosesp embelajaran(e arning process)d engank epuasan pesertad idik LembagaP endidikanB ahasah rggrs MahesaI nstitute Pare ( 7) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara komponen hasil pembelajaran (output) durgan kepuasan peserta didik Lembaga Pendidikan Bahasa Inggrs Mahesa Institute P are.S umbangane fektif semrnp rediktort erhadapk riterium sebesa0r 712 atau 71 2o/oS. edangkans ecarap arsial komponeni nstrumentali npzf memiliki sumbangarne latifterbesarp adak epuasanp esertad idik lembagak ursus. Saran yang dapat diberikan pada lembaga adalatr (l) Kualitas komponen pendidikany ang dimiliki oleh lembagah endaknyate rusd itingkatkan d ikembangkan dikontrol dan difungsikan secara optimal. (2) Dalam proses belajar secara klasikal dan tutorial perlu diperhatikank omposisi keseimbanganp esertrad idik berdasarkan jenis kelamin dan usia. (3) Perlu dijaga dan ditingkatkan kualitas proses pembelajarannybaa ik dari faktor instruktur metoded an teknik pembelajarans erta kedisiplinan dan (a) perlu dijaga dan ditingkatkan sinergi hubungan yang harmonis antara lembaga dengan masyarakat sekitar lembaga mitra dan dengan lembaga kursus sejenis disekitarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4825

Actions (login required)

View Item View Item