Pengembangan modul pembelajaran pastry kontinental Jurusan Jasa Boga di SMK Negeri 3 Malang / Dwi Ratnasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran pastry kontinental Jurusan Jasa Boga di SMK Negeri 3 Malang / Dwi Ratnasari

Ratnasari, Dwi (2013) Pengembangan modul pembelajaran pastry kontinental Jurusan Jasa Boga di SMK Negeri 3 Malang / Dwi Ratnasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan modul pastry kontinental jasa boga . Bahan ajar merupakan salah satu komponen penting dalam kegiatan belajar. Salah satu bahan ajar cetak yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar adalah modul. Modul memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar sesuai dengan kecepatan masing-masing individu. Modul yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah modul pembelajaran pastry kontinental. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul pembelajaran yang memiliki tingkat kemenarikan kemudahan keefektifan dan efisiensi yang memadai sebagai modul pembelajaran mengolah pastry kontinental Jurusan Jasa Boga di SMK Negeri 3 Malang. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan mengadaptasi penelitian dan pengembangan menurut desain Borg dan Gall yang telah dimodifikasi oleh peneliti terdiri dari 6 langkah pengembangan yaitu (1) analisis situasi awal (2) rancangan pengembangan modul (3) membuat modul pembelajaran (4) tahap penilaian/ uji kelayakan (5) uji coba produk dan (6) tahap penyempurnaan modul pembelajaran yang menghasilkan produk akhir pengembangan. Validasi produk dilakukan dengan melibatkan ahli materi ahli media dan ahli bahasa Indonesia. Uji coba dilakukan pada kelompok kecil siswa SMKN 3 Malang . Jenis data pada penelitian ini adalah data kuantitatif dari skor penilaian yang diperoleh dari instrumen penilaian ahli dan siswa SMK. Perolehan skor tingkat kemenarikan mendapatkan nilai rata-rata persentase sebesar 87 5% tingkat kemudahan diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 78 75% tingkat keefektifan diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 82 5% dan tingkat efisiensi diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 90% sehingga produk ini layak untuk diimplementasikan. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil persentase bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan memiliki tingkat kemenarikan kemudahan keefektifan dan efisiensi yang memadai sebagai modul pembelajaran pastry kontinental Jurusan Jasa Boga di SMK Negeri 3 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48235

Actions (login required)

View Item View Item