Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan modifikasi showdown untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada standar kompetensi melakukan penyerahan/pengiriman produk kelas X Pemasaran SMK Islam Batu / Noor Aulia Shavaroisa Mahardika Pu - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan modifikasi showdown untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada standar kompetensi melakukan penyerahan/pengiriman produk kelas X Pemasaran SMK Islam Batu / Noor Aulia Shavaroisa Mahardika Pu

Putri, Noor Aulia Shavaroisa Mahardika (2013) Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan modifikasi showdown untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada standar kompetensi melakukan penyerahan/pengiriman produk kelas X Pemasaran SMK Islam Batu / Noor Aulia Shavaroisa Mahardika Pu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Shavaroisa Noor Aulia. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dengan Modifikasi Showdown Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Melakukan Penyerahan/Pengiriman Produk Kelas X Pemasaran SMK Islam Batu. Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika RWW M.A. M.Si (2) Drs. Mohamad Arief M.Si. Kata Kunci Students Teams Achievement Divisions Showdown dan Hasil Belajar Siswa Kemampuan guru dalam mengembangkan model-model pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan intensitas keterlibatan siswa secara efektif di dalam proses pembelajaran sangat erat kaitannya dengan peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi sebelum penelitian diketahui bahwa terdapat hasil belajar yang rendah pada standar kompetensi Melakukan Penyerahan/Pengiriman Produk karena masih banyak siswa yang tidak memenuhi standar kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan modifikasi Showdown dan peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan modifikasi Showdown serta mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan modifikasi Showdown. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan 4 pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu Perencanaan Pelaksanaan Pengamatan dan Refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Pemasaran SMK Islam Batu yang berjumlah 42 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata kelas pada siklus 1 untuk nilai pre test adalah 58 dan nilai post test adalah 74. Sedangkan pada siklus 2 nilai pre test menunjukkan 72 dan untuk nilai post test menunjukkan 84. Dari hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan modifikasi Showdown dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang nilainya memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) setelah diterapkannya model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan modifikasi Showdown yaitu dari 47 22% siswa yang nilainya memenuhi KKM pada siklus 1 menjadi 91 67% siswa yang nilainya memenuhi KKM pada siklus 2. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan saran yang diberikan oleh peneliti adalah 1) Bagi pihak sekolah adalah memberi masukan kepada guru-guru SMK Islam Batu untuk menerapkan model pembelajaran STAD dengan modifikasi Showdown yang relevan dengan standar kompetensi yang diajarkan 2) Bagi Guru Standar Kompetensi Melakukan Penyerahan/Pengiriman Produk hendaknya mencoba menerapkan model pembelajaran STAD dengan modifikasi Showdown karena dengan menggunakan model pembelajaran tersebut akan menuntut siswa untuk lebih aktif 3) Bagi siswa diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran agar dapat memperoleh manfaat berupa pengetahuan dan pemahaman yang lebih meningkat 4) Bagi peneliti selanjutnya adalah agar melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan modifikasi Showdown yang lebih bervariasi dan kolaboratif pada standar kompetensi yang relevan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48233

Actions (login required)

View Item View Item