Hubungan kemandirian belajar dan lingkungan belajar dengan minat berwirausaha siswa kelas X JAsa Boga SMK Negeri 4 Madiun tahun ajaran 2011/2012 / Anggraini Wastiandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kemandirian belajar dan lingkungan belajar dengan minat berwirausaha siswa kelas X JAsa Boga SMK Negeri 4 Madiun tahun ajaran 2011/2012 / Anggraini Wastiandari

Wastiandari, Anggraini (2013) Hubungan kemandirian belajar dan lingkungan belajar dengan minat berwirausaha siswa kelas X JAsa Boga SMK Negeri 4 Madiun tahun ajaran 2011/2012 / Anggraini Wastiandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kemandirian Belajar Lingkungan Belajar Minat Berwirausaha Sekolah Menengah Kejuruan mengenalkan siswa pada dunia kerja agar dapat menumbuhkan minat berwirausaha sejak dini. Kemandirian merupakan salah satu karakteristik seorang wirausahawan. Siswa memiliki kemampuan yang dapat dikembangkan melalui pengalaman yang dialami pengalaman ini terjadi karena interaksi siswa dengan lingkungan sehingga dapat mendukung siswa berinovasi dalam berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hubungan (1) kemandirian belajar (X1) dengan minat berwirausaha (Y) (2) lingkungan belajar (X2) dengan minat berwirausaha (Y) dan (3) X1 dan X2 secara simultan dengan Y. Obyek pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 4 Madiun dengan populasi sebesar 81 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan jenis angket tertutup yang diberikan kepada responden. Analisa diperoleh dengan menggunakan korelasi parsial untuk mengungkap hubungan antara variabel X1Y dan X2Y dan regresi linier ganda untuk mengetahui besarnya hubungan variabel X1 dan X2 secara simultan dengan Y. Analisa data dilakukan menggunakan bantuan program SPSS 15. Hasil penelitian ini adalah (1) Variabel X1 berada dalam kategori tinggi sebesar 87 65% (2) Variabel X2 berada dalam kategori tinggi sebesar 98 77% dan (3) Variabel Y berada dalam kategori tinggi sebesar 80 25% (4) Interpretasi kekuatan hubungan antara X1 dengan Y adalah kuat dengan nilai koefisien parsial rx1y yaitu sebesar 0 438 (5) Interpretasi kekuatan hubungan antara X2 dengan Y adalah sedang dengan nilai koefisien parsial untuk rx2y yaitu sebesar 0 397 dan (6) Interpretasi kekuatan hubungan antara kemandirian belajar dan lingkungan belajar dengan minat berwirausaha adalah kuat sebesar 0 730 dan nilai F sebesar 44 551. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 dengan Y (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara X2 dengan Y dan (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 dan X2 secara simultan dengan Y.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48229

Actions (login required)

View Item View Item