Hubungan perilaku makan dan aktivitas fisik dengan status gizi pada anak usia sekolah / Franindya Angga Hapshari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan perilaku makan dan aktivitas fisik dengan status gizi pada anak usia sekolah / Franindya Angga Hapshari

Hapshari, Franindya Angga (2013) Hubungan perilaku makan dan aktivitas fisik dengan status gizi pada anak usia sekolah / Franindya Angga Hapshari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci perilaku makan aktivitas fisik status gizi Anak-anak usia sekolah merupakan satu fase penting dari proses pertumbuhan dan perkembangan manusia. Pertumbuhan dan perkembangan anak-anak usia sekolah dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya dipengaruhi oleh status gizi. Masalah gizi dapat ditimbulkan karena adanya perilaku makan yang kurang baik dengan tingkat aktivitas fisik yang tidak seimbang sehingga asupan gizi dalam tubuh menjadi kurang atau berlebih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku makan dan aktivitas fisik dengan status gizi pada anak usia sekolah baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Penelitian ini termasuk penelitian survey dengan rancangan penelitian cross sectional atau korelasional. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan sampling purposive yaitu siswa SDN Jatipuro I Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi kelas 4 dan 5. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi angket dan timbangan badan. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa nilai yang diperoleh untuk Perilaku Makan (X1) dengan Status Gizi (Y) sebesar 0 355 dengan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0 004. Nilai yang diperoleh untuk Aktivitas Fisik (X2) dengan Status Gizi (Y) sebesar 0 427 dengan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0 012. Nilai R sebesar 0 439 dengan nilai probabilitas (Sig.FChange ) 0 036. Kontribusi secara simultan atau secara keseluruhan variabel Perilaku Makan (X1) dan variabel Aktivitas Fisik (X2) terhadap variabel terikat Status Gizi (Y) yaitu 19 3% . sedangkan sisanya 80 7% ditentukan oleh variabel lain. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diajukan saran sebagai berikut (1) siswa mampu meningkatkan konsumsi asupan gizi atau perilaku makan dengan menambah konsumsi makanan yang bergizi seperti sayuran dan buah-buahan serta melakukan aktivitas fisik yang seimbang antara jam istirahat bermain dan belajar dengan membuat jadwal kegiatan sehari-hari. Kurangi waktu menonton televisi berlebihan dengan bermain atau melakukan olah raga minimal tiga kali seminggu dengan durasi waktu minimal 30 menit per hari untuk meningkatkan status gizi yang baik (2) orang tua diharapkan untuk menyediakan menu sehat seimbang setiap hari agar status gizi anak terkontrol dengan baik selain itu orang tua diharapkan untuk selalu memperhatikan kondisi fisik anak terutama pada berat dan tinggi badan anak tersebut karena jika tidak terdapat peningkatan pada berat maupun tinggi badan pada setiap bulannya maka anak tersebut kemungkinan mengalami gangguan kesehatan (3) guru diharapkan untuk bisa memberikan pengetahuan dasar kepada siswa akan pentingnya asupan gizi pada tubuh dan aktivitas fisik yang dilakukan oleh siswa baik dirumah maupun disekolah agar siswa tidak mengalami masalah status gizi kurang maupun status gizi lebih dengan cara memberikan penyuluhan kepada siswa dan orang tua secara langsung mengenai kebutuhan gizi anak serta menimbang berat badan anak secara berkala karena berat badan anak merupakan salah satu indikator terpenting untuk mengetahui pertumbuhan anak (4) penelitian mengenai tingkat status gizi pada anak usia sekolah masih dirasa sedikit sehingga peneliti berharap agar Universitas Negeri Malang mampu menambah referensi karya ilmiah yang berkaitan dengan status gizi agar bisa menjadi bahan pengetahuan bagi masyarakat umum dengan cara mengadakan penelitian mengenai gizi penulisan karya ilmiah gizi serta menambah referensi buku gizi di perpustakaan dan online (5) peneliti selanjutnya diharapkan dapat memperluas variabel penelitian karena pada dasarnya masih banyak faktor yang berpengaruh terhadap status gizi pada anak usia sekolah. Peneliti selanjutnya juga diharapkan mampu memvariasi sampel dan lokasi penelitian sehingga menjadi suatu karya ilmiah yang baik dan merata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48228

Actions (login required)

View Item View Item