Pembuatan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran pengolahan usaha jasa boga di SMK 1 Batu / Rizqi Dwi Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembuatan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran pengolahan usaha jasa boga di SMK 1 Batu / Rizqi Dwi Amalia

Amalia, Rizqi Dwi (2013) Pembuatan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran pengolahan usaha jasa boga di SMK 1 Batu / Rizqi Dwi Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembuatan media pembelajaran interaktif pengelolaan usaha jasa boga Media pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar saat ini lebih bersifat konvensional. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru lebih sering menggunakan media ajar berupa buku modul papan tulis penyajian materi kurang menarik untuk siswa. Oleh karena itu perlu dikembangkan media pembelajara interaktif sehingga kelemahan dalam media ajar berbentuk cetak dapat diatasi. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran yang memiliki tingkat kemenarikan kemudahan keefektifan dan efisiensi yang memadai sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Pengelolaan Usaha Jasa Boga di SMK Negeri 1 Batu Langkah-langkah dalam pembuatan media pembelajaran interaktif yakni (1) analisis kebutuhan (2) rancangan media pembelajaran (3) membuat media pembelajaran (4) uji kelayakan (5) revisi produk (6) uji coba produk (7) produk akhir. Validasi media pembelajaran interaktif dilakukan pada ahli materi ahli media dan ahli bahasa. Uji coba perorangan dilakukan kepada siswa kelas XII jasa boga di SMK Negeri 1 Batu. Jenis data pada penelitian ini adalah data deskriptif persentase berupa skor penilaian hasil penilaian media pembelajaran interaktif. Diperoleh tingkat kemenarikan media pembelajaran interaktif dengan nilai rata-rata persentase sebesar 90% tingkat kemudahan diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 83 36% tingkat keefektifan diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 83 75% dan tingkat efisiensi diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 85 4% sehingga dapat disimpulkan bahwa pembuatan media pembelajaran interaktif dinyatakan valid dan tidak perlu direvisi. Dari hasil persentase yang diperoleh dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran interaktif yang dibuat memiliki tingkat kemenarikan kemudahan keefektifan dan efisiensi yang emadai sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Pengelolaan Usaha Jasa Boga di SMK Negeri 1 Batu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48220

Actions (login required)

View Item View Item