Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa program studi keahlian tata boga di SMK Negeri 1 Batu / Vega Irmasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa program studi keahlian tata boga di SMK Negeri 1 Batu / Vega Irmasari

Irmasari, Vega (2013) Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa program studi keahlian tata boga di SMK Negeri 1 Batu / Vega Irmasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Faktor-faktor Pengaruh Prestasi Belajar Prestasi belajar siswa program studi keahlian Tata Boga di SMK N 1 Batu lebih rendah dibandingkan dengan program studi lainya. Rendahnya prestasi belajar tersebut dipengaruhi faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi motivasi belajar dan minat belajar. Faktor eksternal meliputi lingkungan keluarga dan fasilitas belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa program studi keahlian Tata Boga di SMK N 1 Batu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII tahun ajaran 2012/2013 program studi keahlian Tata Boga yaitu sebanyak 116 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik stratified proportional random sampling dengan 90 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan analisis data regresi berganda. Hasil Analisis data diketahui motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dibuktikan dengan thitung 2 623 ttabel 1 988 pada nilai signifikansi 0 010 0 05. Minat belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dibuktikan dengan thitung 2.047 ttabel 1 988 pada nilai signifikansi 0 044 0 05. Lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dibuktikan dengan thitung 2 752 ttabel 1 988 pada nilai signifikansi 0 007 0 05. Fasilitas belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dibuktikan dengan thitung 2 208 ttabel 1 988 pada nilai signifikansi 0 030 0 05. Faktor yang paling berpengaruh dilihat dari besarnya koefisien regresi yang paling besar adalah lingkungan keluarga sebesar 0 245. Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa motivasi belajar minat belajar lingkungan keluarga dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa program studi Tata Boga di SMK N 1 Batu. Faktor yang paling mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah lingkungan keluarga. Guru hendaknya selalu memotivasi dan senantiasa menumbuhkan minat belajar siswanya. Orang tua sebaiknya lebih memperhatikan lagi putra-putrinya dalam belajar seperti memberi dorongan/motivasi untuk belajar memberikan suasana rumah yang nyaman untuk belajar dan melengkapi kebutuhan anak untuk belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48216

Actions (login required)

View Item View Item