Studi deskriptif pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran produktif kompetensi keahlian jasa boga di SMK Hidayatul Mubtadi'in Singosari / Santi Fajar Wati - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi deskriptif pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran produktif kompetensi keahlian jasa boga di SMK Hidayatul Mubtadi'in Singosari / Santi Fajar Wati

Wati, Santi Fajar (2012) Studi deskriptif pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran produktif kompetensi keahlian jasa boga di SMK Hidayatul Mubtadi'in Singosari / Santi Fajar Wati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pelaksanaan Pembelajaran Perencanaan Pelaksanaan Evaluasi Alokasi Waktu. Rancangan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah Pelaksanaan Pembelajaran di SMK Hidayatul Mubtadi in. Sub variabel terdiri dari (1) Perencanaan Pembelajaran (2) Pelaksanaan Pembelajaran (3) Evaluasi. Penelitian dilaksanakan di SMK Hidayatul Mubtadi in. Subyek penelitian guru pengajar produktif dan siswa jurusan Jasa Boga. Instrumen penelitian menggunakan pedoman dokumentasi observasi angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif persentase (%). Pelaksanaan pembelajaran terdiri dari perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran di SMK Hidayatul Mubtadi in dengan menerapkan alokasi waktu 35 menit perjam melalui perencanaan pelaksanaan serta evaluasi pembelajaran produktif pada tingkat X XI dan XII. Hasil penelitian ditemukan bahwa (1) Silabus yang dibuat guru pengajar produktif kelas X XI dan XII termasuk dalam kualifikasi sangat baik (2) Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat guru pengajar produktif kelas X XI dan XII termasuk dalam kualifikasi sangat baik (3) Pelaksanaan Pembelajaran teori dan praktik produktif kelas X XI dan XII termasuk dalam kualifikasi sangat baik (4) Sistem pelaksanaan pembelajaran dengan alokasi waktu 35 menit sebagian besar responden menyatakan hasil pembelajaran maksimal dan pelaksanaan praktik pada hari libur tidak mengganggu waktu istirahat (5) Keunggulan dari sistem pembelajaran yang ditetapkan adalah pada penetapan pembagian alokasi waktu sehingga hasil maksimal (6) Kelemahan dari sistim pembelajaran yang ditetapkan adalah alokasi waktu teori relatif singkat (7) Evaluasi pembelajaran siswa melalui nilai produktif yang dihasilkan dari pembelajaran teori lebih dari setengah (66%) responden mendapat predikat lulus amat baik dan pembelajaran praktik sebagian besar (95%) responden mendapat predikat lulus amat baik. Kesimpulan penelitian bahwa pelaksanaan pembelajaran produktif dengan dari perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi pembelajaran termasuk dalam kualifikasi sangat baik dan pembelajaran berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48209

Actions (login required)

View Item View Item