Budhiarti, Rika (2012) Implementasi pendidikan karakter di SMK Negeri 3 Malang / Rika Budhiarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci implementasi pendidikan karakter SMK Malang Pendidikan karakter di sekolah merupakan pendidikan nilai luhur yang bersumber dari budaya bangsa Indonesia yang bertujuan membina kepribadian generasi muda agar dapat terhindar dari dampak negatif dari era globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mengidentifikasi serta mendeskripsikan tentang implementasi pendidikan karakter di SMK Negeri 3 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Data dikumpulkan dengan cara (1) wawancara dan sebagai sumber data meliputi Wakasek Kesiswaan Guru Kimia dan Guru Pembimbing Teater (2) observasi dan sumber data meliputi kegiatan pembelajaran kimia kegiatan satgas kegiatan ektrakurikuler kegiatan upacara kegiaatan perlombaan adiwiyata dan pondhok ramadhan dan (3) dokumentasi dan sumber data berupa dokumen Silabus RPP foto kegiatan satgas foto kegiatan pembelajaran dan hasil dokumentasi lain yang berhubungan dengan implementasi pendidikan karakter di SMK N 3 Malang. Proses analisis data yang digunakan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kebijakan pendidikan karakter di SMK Negeri 3 Malang dilaksanakan sesuai dengan Pedoman Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Tahun 2010 yaitu mencakup 18 nilai karakter. Nilai-nilai pendidikan karakter tersebut dikembangkan pada kegiatan matapelajaran pengembangan diri dan budaya sekolah. Perencanaan implementasi pendidikan karakter di SMK Negeri 3 Malang melalui kegiatan pembelajaran dilakukan dalam bentuk pembuatan perangkat mengajar yaitu silabus dan RPP baik pada kelompok matapelajaran normatif adaptif maupun produktif. Perencanaan kegiatan pengembangan diri dan budaya sekolah dilakukan secara tertulis pada rencana tahunan bidang kesiswaan. Implementasi pendidikan karakter dalam matapelajaran dilaksanakan secara terimplementasi dalam bentuk matapelajaran normatif adaptif dan produktif serta kegiatan pembelajaran. Implementasi pendidikan karakter pada pengembangan diri seperti (1) menggunakan seragam sekolah dengan rapi (2) melakukan kegiatan salam sapa (3) menjaga kebersihan lingkungan di sekolah (4) melaksanakan sholat dhuhur berjama ah (5) menolong orang lain. Implementasi pendidikan karakter pada budaya sekolah meliputi kegiatan sehari-hari yang merupakan sebuah rutinitas sekolah meliputi kegiatan satgas ekstrakurikuler upacara dan kegiatan lomba. Evaluasi Implementasi Pendidikan Karakter pada matapelajaran dilakukan oleh kepala sekolah dan guru evaluasi implementasi pendidikan karakter pada pengembangan diri dilakukan dengan melibatkan orang tua siswa penilaian kepribadian siswa atau pelanggaran tata tertib siswa sedangkan budaya sekolah dievaluasi dengan menggunakan laporan kegiatan dan pemantauan satgas serta dengan menggunakan jurnal ekstrakurikuler. Kendala implementasi pendidikan karakter di SMK N 3 Malang terletak pada belum adanya panduan implementasi pendidikan karakter secara formal atau tertulis. Hal ini disebabkan karena kurangnya komunikasi dan kesibukan masing-masing guru dengan segala tugas yang ada pada mereka sehingga tidak ada waktu untuk berbincang mengenai pendidikan karakter yang belum dimengerti. Saran yang diberikan adalah bahwa pengembangan pendidikan karakter seharusnya memiliki tim untuk mengawasi dan membimbing sekolah untuk membuat perencana implementasi pendidikan karakter baik melalui mata pelajaran pengembangan diri maupun budaya sekolah sehingga dengan adanya perencanaan tersebut dapat digunakan sebagai acuan dalam mengevaluasi kegiatan yang dilaksanakan. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk meneliti pelaksanaan kegiatan pembelajaran di kelas maupun di laboratorium yang potensial untuk mengembangkan karakter siswa melalui kegiatan observasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Oct 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/48208 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |