Implementasi pemasaran pada matakuliah manajemen usaha boga (MUB) catering D3 Tata Boga Universitas Negeri Malang angkatan 2009 / Helena Susilo - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pemasaran pada matakuliah manajemen usaha boga (MUB) catering D3 Tata Boga Universitas Negeri Malang angkatan 2009 / Helena Susilo

Susilo, Helena (2012) Implementasi pemasaran pada matakuliah manajemen usaha boga (MUB) catering D3 Tata Boga Universitas Negeri Malang angkatan 2009 / Helena Susilo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci implementasi pemasaran MUB Catering Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui implementasi pemasaran pada matakuliah MUB catering mahasiswa D3 Tata Boga Universitas Negeri Malang Angkatan 2009. Objek penelitian ini menggunakan sampel total karena jumlah populasi kurang dari 100 yaitu mahasiswa D3 Tata Boga yang telah dan sedang melaksanakan MUB Catering sejumlah 22 orang.Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif persentase (%). Berdasarkan hasil penelitian diketahui analisis pasar dilaksanakan oleh sebagian besar responden (82%) dengan cara menentukan pasar sasaran (55%). Lebih dari setengah responden (68%) menyatakan konsumen sasaran catering adalah mahasiswa dengan pertimbangan keberadaan relasi (64%). Semua responden (100%) memiliki pesaing. Kekuatan pesaing catering adalah harga yang lebih murah (55%) sedangkan keunggulan produk catering dibandingkan dengan pesaing adalah kualitas produk yang baik (64%). Produk yang direncanakan semua mahasiwa (100%) adalah menu paket harian dengan pertimbangan karakteristik konsumen sasaran (68%). Kemasan yang digunakan untuk produk catering adalah kertas bungkus berstempel catering (55%). Pemberian nama produk catering berdasarkan hasil modifikasi (73%). Lebih dari setengah responden (59%) memberikan jaminan terhadap produk catering mereka. Harga produk catering ditetapkan berdasarkan biaya yaitu analisis BEP dan Laba sasaran (59%). Sebagian besar responden (82%) menetapkan harga produk berdasarkan nilai/kualitas produk dan kurang dari setengah responden (36%) menetapkan harga produk berdasarkan persaingan yaitu lebih rendah dari harga di pasar. Jenis promosi yang direncanakan oleh lebih dari setengah responden (64%) menggunakan publisitas dengan pertimbangan karakteristik konsumen sasaran (68%). Alat promosi yang direncanakan sebagian besar responden (86%) adalah brosur dengan pertimbangan biaya (50%) dan cara penyebarannya dengan memberikan langsung kepada konsumen sasaran (91%). Cara pendistribusian (delivery) produk dilakukan oleh sebagian besar responden (91%) menggunakan sepeda motor untuk mengantarkan langsung kepada konsumen dengan pertimbangan jumlah pesanan (55%). Evaluasi dilakukan oleh sebagian besar responden (91%) minimal satu kali dengan cara penyebaran angket (59%). Target hari (50%) serta target penjualan (55%) tidak dapat tercapai. Saran yang dapat diberikan antara lain sebaiknya pengelolaan usaha catering dilakukan dengan pembagian ke dalam kelompok besar dengan nama yang tidak berubah-ubah. Selain itu dapat disarankan untuk meneliti tentang implementasi pemasaran catering yang dilakukan usaha catering lain yang sejenis untuk dijadikan perbandingan dan masukan bagi pengelolaan usaha catering pada matakuliah MUB catering.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48198

Actions (login required)

View Item View Item