Perbedaan penggunaan 3 (TIGA) jenis ikan pada penbuatan tekwan / Nina Indra Kristina - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan penggunaan 3 (TIGA) jenis ikan pada penbuatan tekwan / Nina Indra Kristina

Kristiana, Nina Indra (2012) Perbedaan penggunaan 3 (TIGA) jenis ikan pada penbuatan tekwan / Nina Indra Kristina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Tekwan Ikan Kalsium Tekwan adalah makanan khas Palembang berbahan dasar ikan dan sagu yang dibuat dalam ukuran kecil-kecil (mirip bakso yang dipipihkan) disajikan menggunakan kuah kaldu udang. Tekwan dalam penelitian ini menggunakan 3 jenis ikan yaitu ikan wader (Puntius binotatus) ikan uceng (Nemacheilus fasciatus) dan ikan lemuru (Sardinella lemuru) serta digunakan seluruh bagian tubuhnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan warna rasa aroma tekstur dan kandungan kalsium yang terdapat pada ketiga tekwan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Pengamatan dan pengukuran data dilakukan sesuai dengan uji organoleptik (uji perbedaan dan uji kesukaan) meliputi warna rasa aroma dan tekstur dan uji laboratorium kalsium tekwan ikan wader (Puntius binotatus) tekwan ikan uceng (Nemacheilus fasciatus) dan tekwan ikan lemuru (Sardinella lemuru). Data hasil penelitian dianalisis menggunakan anova dengan uji lanjut DMRT (apabila Fhitung Ftabel). Hasil penelitian terhadap uji perbedaan warna menunjukkan bahwa warna dan tekstur ketiga tekwan tidak berbeda nyata. Uji perbedaan rasa dan aroma ketiga ikan menunjukkan tekwan ikan wader (Puntius binotatus) tidak berbeda nyata dengan tekwan ikan uceng (Nemacheilus fasciatus) tetapi tekwan ikan wader (Puntius binotatus) dan tekwan ikan uceng (Nemacheilus fasciatus) berbeda nyata dengan tekwan ikan lemuru (Sardinella lemuru). Uji kesukaan panelis terhadap warna rasa dan aroma menunjukkan bahwa tekwan ikan wader (Puntius binotatus) tidak berbeda nyata dengan tekwan ikan uceng (Nemacheilus fasciatus) tetapi tekwan ikan wader (Puntius binotatus) dan tekwan ikan uceng (Nemacheilus fasciatus) berbeda nyata dengan tekwan ikan lemuru (Sardinella lemuru). Uji kesukaan panelis terhadap tekstur ketiga tekwan tidak berbeda nyata. Kandungan kalsium tekwan ikan wader (Puntius binotatus) mentah sebesar 674 893 mg/100 tekwan ikan uceng (Nemacheilus faciatus) mentah sebesar 805 408 mg/100 dan tekwan ikan lemuru (Sardinella lemuru) mentah sebesar 626 047 mg/100. Kandungan kalsium tekwan ikan wader (Puntius binotatus) matang sebesar 605 651 mg/100 tekwan ikan uceng (Nemacheilus fasciatus) matang sebesar 709 118 mg/100 dan tekwan ikan lemuru (Sardinella lemuru) matang sebesar 520 407 mg/100.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48196

Actions (login required)

View Item View Item