Faktor eksternal yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian produk PASTRY (kue basah) di Desa Sambi Kecamatan Ringin Rejo Kabupaten Kediri / Ilma Nim Atussa'fina - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor eksternal yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian produk PASTRY (kue basah) di Desa Sambi Kecamatan Ringin Rejo Kabupaten Kediri / Ilma Nim Atussa'fina

Atussa'fina, Ilma Nim (2012) Faktor eksternal yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian produk PASTRY (kue basah) di Desa Sambi Kecamatan Ringin Rejo Kabupaten Kediri / Ilma Nim Atussa'fina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci faktor eksternal keputusan pembelian produkpastry Persaingan berwirausaha terlihat dari banyaknya wirausahawan yang berlomba-lomba dalam memenangkan persaingan bidang jasa boga serta keinginan manusia yang beranekaragam oleh karena itu suatu hal yangdapat dilakukan oleh wirausahawan yaitu dengan meningkatkan kualitas produknyaagar produk yang dijual dapat bersaing dan bertahan di pasaran walaupun banyak produk yang sejenis dijual.Halinipenting bagi wirausahawan untuk mempelajari bagaimana perilaku konsumen tersebut dalam pengambilan keputusan pembelian terutama dari faktor eksternal yang berasal dari lingkungan konsumen. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan faktor eksternal konsumen dankeputusan pembelian pada produkpastry(kue basah) di Desa Sambi serta mengetahuipengaruh faktor eksternal terhadap keputusan konsumen dalam pembelian produk pastry (kue basah) di Desa Sambi secara parsial (sendiri-sendiri)maupun simultan(bersama-sama). Penelitian ini menggunaka rancanganpenelitianEksplanatory Research. Instrumen dalam penelitian ini adalahclosed questionaredan menggunakanskala likert dengan empat alternatifjawaban. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan teknik accidental sampling dan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda.Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa (1) Faktor eksternal yang terdiri dari faktor budaya kelas sosial kelompok anutan keluarga situasi konsumentermasuk klasifikasi tinggi terhadap pengaruh pembelian produkpastry(kue basah) (2) Keputusan pembelian konsumen pada produk pastry (kue basah) termasuk klasifikasi tinggi (3) Ada pengaruhyang signifikan secara parsial antara faktor eksternal terhadap keputusan konsumen dalam pembelian produkpastry(kue basah) di Desa Sambi dengan nilai t hitung X1 4.022 sig. 0.000 thitung X2 9.787 sig. 0.000 thitung X3 2 071 sig. 0.041 thitung X4 2.112 sig. 0.037 thitung X5 2 149 sig. 0.034 (4) Ada pengaruh yang signifikan antara faktor eksternal terhadap keputusan konsumen dalam pembelian produk pastry (kue basah) di Desa Sambi Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri secara simultan dengan nilai F 58.306 sig. 0.000. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan secara umum dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor eksternal terhadap keputusan konsumen dalam pembelian produk pastry (kue basah) di Desa Sambisecara parsial maupun simultan dan termasuk dalam klasifikasi tinggi. Adapun saran yang dapat diberikan kepada wirausahawanjasa boga yaitu lebih memperhatikan bagaimana faktor eksternal konsumen dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli sehingga dapat meningkatkan penjualandan dapat bertahan di tengah persaingan usaha semakin ketat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48191

Actions (login required)

View Item View Item