Kajian metode pembelajaran role playing terhadap kemampuan praktik dan teori American service (studi kasus pada mata pelajaran pelayanan makan dan minum di SMK Kartika IV -I Malang) / Rahadita Kurnia Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian metode pembelajaran role playing terhadap kemampuan praktik dan teori American service (studi kasus pada mata pelajaran pelayanan makan dan minum di SMK Kartika IV -I Malang) / Rahadita Kurnia Sari

Sari, Rahadita Kurnia (2012) Kajian metode pembelajaran role playing terhadap kemampuan praktik dan teori American service (studi kasus pada mata pelajaran pelayanan makan dan minum di SMK Kartika IV -I Malang) / Rahadita Kurnia Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kajian role playing teori praktik American service. Mata Pelajaran Pelayanan Makan dan Minum untuk Kompetensi Dasar (KD) menyediakan layanan makanan dan minuman di restaurant jenis layanan makan dan minum yang dipraktikan oleh siswa kelas X Jasa Boga di SMK Kartika IV-1 Malang adalah American service. Kompetensi yang diharapkan atas kegiatan belajar mengajar tersebut yaitu a) siswa dapat terampil melayani atau menyediakan layanan makan dan minum b) siswa dapat berkomunikasi dengan baik dan benar kepada para tamu c) serta siswa dapat memberi kepuasan kepada pelanggan melalui pelayanan makan dan minum. Untuk mewujudkan kompetensi tersebut diperlukan metode pembelajaran yang aktif dan mandiri. Namun terdapat kelemahan metode pembelajaran yang selama ini digunakan untuk mata pelajaran pelayanan makan dan minum khususnya American service. Maka digunakan metode pembelajaran role playing yaitu metode pembelajaran bermain peran. Peran tersebut yaitu menjadi tamu restaurant dan waiter atau waiters. Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimen sederhana dengan rancangan eksperimen sederhana penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kemampuan praktik dan teori American service sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran role playing kemudian dianalisis perbedaan kemampuan praktik dan teori American service sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran role playing. Sampel penelitian menetapkan (purposive sample) adalah siswa kelas X dengan jumlah 39 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa pedoman observasi dan kusioner. Teknik Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif dan dilanjutkan dengan analisis uji t dengan satu sampel. Dari hasil penelitian diketahui bahwa (1) Sebelum menggunakan metode pembelajaran role playing nilai rata-rata pada kemampuan praktik American service 72 45 dengan kriteria cukup. Pada kemampuan teori American service nilai rata-rata adalah 69 15 dengan kriteria angka cukup. (2) Sesudah menggunakan metode pembelajaran role playing nilai rata-rata pada kemampuan praktik American service meningkat menjadi 81 08 dengan kriteria angka baik. Pada kemampuan teori American service nilai meningkat menjadi 81 51 dengan kriteria angka baik. (3) Hasil uji t satu sampel menunjukan perbedaan hasil yang signifikan yaitu nilai rata-rata praktik American service sebelum metode pembelajaran role playing adalah 72 378 dengan kriteria angka cukup kemudian nilai rata-rata praktik American service meningkat menjadi 81 086 dengan kriteria angka baik. Nilai rata-rata teori American service sebelum menggunakan metode pembelajaran role playing adalah 69 153 dengan kriteria angka cukup kemudian meningkat menjadi 81 512 dengan kriteria angka baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48190

Actions (login required)

View Item View Item