Keterkaitan antara komponen sekolah dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran produktif jasa boga di Sekolah Menengah Kejuruan / Lia Fita Urani - Repositori Universitas Negeri Malang

Keterkaitan antara komponen sekolah dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran produktif jasa boga di Sekolah Menengah Kejuruan / Lia Fita Urani

Urani, Lia Fita (2012) Keterkaitan antara komponen sekolah dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran produktif jasa boga di Sekolah Menengah Kejuruan / Lia Fita Urani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kurikulum dan pembelajaran sarana dan prasarana tenaga pendidik prestasi belajar Komponen sekolah berkaitan dengan berhasil tidaknya kegiatan belajar mengajar. Kurikulum dan pembelajaran sarana dan prasarana serta tenaga pendidik merupakan bagian dari komponen sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum dan pembelajaran yang meliputi kurikulum nasional perencanaan pelaksanaan dan penilaian pembelajaran kondisi sarana dan prasarana yang meliputi media pembelajaran laboratorium dan perlengkapannya serta keberadaan unit produksi dan jasa tenaga pendidik yang meliputi kualifikasi dan latar belakang pendidikan guru produktif prestasi belajar siswa pada mata pelajaran produktif serta keterkaitan komponen kurikulum dan pembelajaran sarana dan prasarana tenaga pendidik dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran produktif jasa boga di SMK. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif karena data yang diperoleh dalam bentuk verbal dan dianalisis secara deskriptif. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pendekatan analisis data yang digunakan adalah pendekatan analisis interaktif yang terdiri dari (1) Pengumpulan data (2) Reduksi data (3) Penyajian data (4) Penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kurikulum dan pembelajaran SMK di Kota Malang dilihat dari segi kurikulum nasional yang diterapkan mulai dari tahun pelajaran 2011/2012 pada umumnya adalah KTSP berbasis karakter dari segi perencanaan pembelajaran berupa silabus dan RPP mempunyai kesamaan meskipun ada yang berbeda tetapi sebagian besar komponennya adalah sama dari segi pelaksanaan pembelajaran yang meliputi bahan ajar yaitu kurang bervariasi namun metode pembelajaran dan teknik penilaiannya cukup bervariasi (2) kondisi sarana dan prasarana dilihat dari segi media pembelajaran serta kondisi fisik laboratorium dapat dikategorikan cukup baik dan sebagian besar SMK di Kota Malang telah memiliki unit produksi dan jasa sebagai penunjang kegiatan belajar (3) tenaga pendidik khususnya guru produktif kompetensi keahlian jasa boga SMK di Kota Malang sebagian besar telah memiliki kualifikasi dan latar belakang pendidikan yang sesuai dengan intruksi pemerintah yaitu S1 (sarjana) Pendidikan Tata Boga (4) prestasi belajar siswa pada mata pelajaran produktif jasa boga SMK di Kota Malang dikategorikan baik dengan nilai rata-rata antara 80-89 (5) komponen kurikulum dan pembelajaran sarana dan prasarana serta tenaga pendidik memiliki keterkaitan yang erat dengan prestasi belajar siswa. Semakin baik implementasi kurikulum dan pembelajaran semakin baik kondisi sarana dan prasarana semakin sesuai jumlah guru yang berlatar belakang pendidikan sesuai dengan bidang yang diampu maka semakin baik prestasi belajar yang dicapai oleh siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48184

Actions (login required)

View Item View Item