Pengaruh persepsi tentang jurusan jasa boga dan aspirasi pekerjaan terhadap motivasi belajar siswa SMK Negeri 2 Malang / Ninda Prilianita

Prilianita, Ninda (2012) Pengaruh persepsi tentang jurusan jasa boga dan aspirasi pekerjaan terhadap motivasi belajar siswa SMK Negeri 2 Malang / Ninda Prilianita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: persepsi, aspirasi, motivasi belajar. Motivasi belajar merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan belajar siswa. Motivasi belajar di pengaruhi oleh berbagai faktor, salah satu faktor terpenting itu adalah persepsi siswa tentang jurusan dan aspirasi siswa tentang pekerjaan. Beberapa kajian menunjukkan semakin baik persepsi siswa tentang jurusan dan semakin tinggi aspirasi siswa tentang pekerjaan akan meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal tersebut juga berlaku dalam jurusan Jasa Boga. Terkait dengan masalah tersebut penelitian tentang pengaruh persepsi tentang jurusan Jasa Boga dan aspirasi pekerjaan terhadap motovasi belajar sangat penting untuk dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) persepsi siswa tentang jurusan Jasa Boga, (2) aspirasi siswa tentang pekerjaan, (3) motivasi belajar siswa, dan (4) pengaruh persepsi tentang jurusan Jasa Boga dan aspirasi pekerjaan terhadap motivasi belajar siswa kelas XII jurusan Jasa Boga SMK Negeri 2 Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif korelasi, dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang menguji ada tidaknya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, siswa mempunyai persepsi yang baik terhadap jurusan Jasa Boga, siswa mempunyai aspirasi tinggi tentang pekerjaan, siswa juga mempunyai motivasi belajar yang tinggi, dan ada pengaruh yang signifikan antara persepsi tentang jurusan Jasa Boga dan aspirasi pekerjaan terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini siswa memiliki persepsi tentang jurusan Jasa Boga, aspirasi pekerjaan, dan motivasi belajar yang baik. Guru dan pihak sekolah diharapkan selalu dapat menyusun program berdasarkan analisis kebutuhan siswa, khususnya penyesuaian tentang aspirasi pekerjaan yang siswa inginkan melalui layanan-layanan bimbingan dan konseling, dan seminar kewirausahaan, peneliti selanjutnya diharapkan menggunakan penelitian ini sebagai acuan dalam penelitian selanjutnya dan lingkup yang lebih luas misalnya latar belakang sosial ekonomi, lingkungan sosial siswa, dan minat siswa sehingga dapat mengungkapkan lebih banyak permasalahan dan memberikan hasil dari temuan peneliti yang lebih berarti dan bermafaat bagi banyak pihak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48183

Actions (login required)

View Item View Item